Sabtu 21 May 2016 21:40 WIB

'Jangan Sampai Ada Guru yang tak Punya Kesempatan Belajar'

Rep: Dyah Ratna Meta Novi/ Red: Yudha Manggala P Putra
Seorang guru sedang mengajar/ilustrasi
Seorang guru sedang mengajar/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan, sifat pembelajar hendaknya selalu dimiliki oleh guru.

"Kami mengenalkan model pembelajaran tatap muka, pola daring jarak jauh, dan  kombinasi keduanya. Kami ingin semua guru punya kesempatan belajar meski dari jarak jauh lewat skype, jangan sampai ada guru yang tak punya kesempatan belajar atau pelatihan," katanya, Sabtu, (20/5).

Kemendikbud telah memilih 1.263 guru pembelajar untuk ikut Program Guru Pembelajar. Mereka ini para guru yang memiliki nilai Ujian Kompetensi Guru (UKG) di atas 80.

"Para guru pembelajar diberi berbagai pelatihan oleh Kemendikbud. Nanti mereka yang akan mendampingi para guru lain di daerahnya, misalnya cara belajar secara online dengan mengambil bahan pelajaran dari website pendidikan," terang Anies.

Program Guru Pembelajar juga diikuti oleh guru-guru lain secara jarak jauh melalui Skype. Guru-guru yang belajar lewat Skype berada di 13 provinsi antara lain  Yogyakarta, Tangerang, Salatiga, Bogor, Bandung, Banyuwangi, Jakarta, Bandar Lampung, Makassar.

"Nanti diharapkan para guru pembelajar yang sudah diberi pelatihan di Jakarta bisa menyebarkan ilmunya kepada guru-guru lain di daerahnya masing-masing," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement