Selasa , 17 May 2016, 18:01 WIB

Diknas Ingatkan Usia Ideal Masuk SD Tujuh Tahun

Red: Hazliansyah
Antara/Feny Selly
Sejumlah siswa membaca bersama pada pekan membaca di Sekolah Dasar Negeri 179 Palembang, Sumsel, Selasa (12/4).
Sejumlah siswa membaca bersama pada pekan membaca di Sekolah Dasar Negeri 179 Palembang, Sumsel, Selasa (12/4).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sumatra Selatan, Widodo mengatakan, usia ideal anak untuk masuk Sekolah Dasar yakni tujuh tahun. Pada masa itu anak dinilai sudah siap secara fisik dan psikologis.

"Sebenarnya usia ideal masuk SD adalah tujuh tahun, beberapa negara di ASEAN dan Eropa juga menerapkan hal itu atas pertimbangan kesiapan psikologis anak," kata Widodo di Palembang, Selasa.

Tapi, kata dia, Indonesia memiliki kebijakan bahwa usia lima tahun delapan bulan sudah bisa. Ia menjelaskan, ketentuan usia minimal lima tahun delapan bulan ini bukan berlaku mutlak, tapi harus disesuaikan dengan kuota sekolah bersangkutan. Hal ini terkait dengan ketentuan pemerintah yang mengharuskan untuk mendahulukan anak usia enam tahun ke atas.

"Jika kuota 10 tapi yang daftar baru 8 anak, tentunya boleh saja menerima anak usia lima tahun delapan bulan," ujar dia.

Ia mengharapkan, para orangtua dapat memahami keadaan ini mengingat terdapat keterbatasan jumlah sekolah di beberapa tempat. Namun, jika ketentuan ini tidak berlaku dengan baik, maka diharapkan masyarakat untuk melapor ke dinas setempat.

"Jika ada anak usia enam tahun ke atas tidak diterima, sedangkan ada anak usia yang dibawahnya justru diterima, maka laporkan saja," ujar Widodo.

Sumber : Antara