Jumat, 11 Sya'ban 1439 / 27 April 2018

Jumat, 11 Sya'ban 1439 / 27 April 2018

Mendikbud: Guru Harus Jadi Sosok Pembelajar

Selasa 17 Mei 2016 15:22 WIB

Red: Esthi Maharani

Anies Baswedan

Anies Baswedan

Foto: Republika/Agung Supriyanto

REPUBLIKA.CO.ID, KOBA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan guru harus menjadi sosok pembelajar untuk memberi contoh kepada anak didiknya.

"Bagaimana mungkin anak kita belajar kalau guru tidak belajar, maka guru harus sosok pembelajar. Begitu guru berhenti belajar maka itu kemunduran," kata Anies di hadapan ratusan guru dan kepala sekolah di Koba, Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (17/5).

Ia menjelaskan guru tidak hanya mengajar saja tetapi juga harus mendidik dan memberikan inspirasi bagi anak didiknya.

"Jadilah guru mengesankan yang selalu diingat anak didik, jika ingin terus diingat maka harus menjadi guru yang luar biasa," ujarnya.

Ia mengatakan guru itu adalah sosok yang memberikan inspirasi, mendidik, dan menggerakkan sehingga membuat anak termotivasi.

"Pada prinsipnya materi ajar itu sama, maka berikan kesan-kesan dan karakter yang bernilai positif," ujarnya.

Ia mengatakan melihat wajah masa depan bangsa itu ada di ruang kelas dan caranya diperlukan literasi, berkarakter dan kinerja.

"Ada empat yang harus dimiliki guru yaitu kemampuan kritis, kreatif, kolaborasi dan komunikasi. Ini penting diterapkan dalam mendidik, ini kompetensi abad 21," ujarnya.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES