Senin 16 May 2016 11:49 WIB

Mendikbud Pantau Ujian Utama SD di Palembang

Rep: Maspril Aries/ Red: Dwi Murdaningsih
Anies Baswedan
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, Senin (16/5) melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Selatan (Sumsel). Dalam kunjungan tersebut Mendikbud meninjau pelaksanaan Ujian Utama Tingkat Sekolah Dasar (SD) di Palembang. Senin (16/5).

Menteri Anies R Baswedan yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo meninjau pelaksanaan ujian di dua sekolah, di SDN 23 yang berada di jalan Hoki Kawasan kampus dan SDN 30 di jalan Sungai Tawar, Kelurahan 29 Ilir, Palembang

Dalam kunjungan tersebut Mendikbud mengharapkan ujian utam SD di Sumatera Selatan bisa berjalan lancar dan seluruh siswa dapat menjawab soal-soal dengan baik dan benar. “Saya ingin semua siswa SDN 23 ini sukses,” pesannya memberi semangat kepada para siswa kelas 6 akan melaksanakan ujian.

Untuk pelaksanaan ujian utama SD menurut Mendikbud, diselenggarakan oleh pemerintah daerah setempat. “Ujian utama tingkat SD berbeda dengan ujian nasional tingkat SMP dan SMA Sederajat. Ujian nasional SMP dan SMA seluruh soal-soal disiapkan Kemendikbud. Pelaksanaan ujian juga tidak serentak. Seperti di Sumatera Selatan hari ini, di Jawa Barat belum melaksanakan ujian hari ini,” ujarnya.

Dalam kunjungannya tersebut Mendikbud Anies Baswedan berpesan kepada para siswa, “Jika mau seperti saya ada beberapa aspek perlu diketahui. Pertama karakter yang baik, kompetensi, kreatif, komunikasi, kolaborasi dan literasi dasar. Tinggikan cita-cita mu,” katanya.

Untuk pelaksanaan ujian utama SD di kota Palembang, dari data Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat, tercatat sebanyak 28.007 siswa yang mengikuti ujian utama SD tahun 2016.

Saat berada di SDN 23, para siswa juga berkesempatan untuk melakukan wawancara dengan Mendikbud. Ada beberapa pertanyaan yang disampaikan para “wartawan cilik” tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement