Senin 02 May 2016 15:08 WIB

Hasil UN SMA Diumumkan Serentak Pekan ini

Rep: C36/ Red: Karta Raharja Ucu
Suasana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama di SMAN 20, di Jl Citarum, Kota Bandung, Senin (4/4).
Foto: Dede Lukman Hakim
Suasana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama di SMAN 20, di Jl Citarum, Kota Bandung, Senin (4/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nizam, mengatakan hasil ujian nasional (UN) SMA akan diumumkan Sabtu (7/5). Pengumuman hasil UN SMA dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

"Penilaian (skoring) hasil UN SMA telah selesai dilakukan. Insya Allah Selasa (3/5), hasil penilaian sudah dikirim ke setiap provinsi," kata Nizam kepada Republika.co.id di Jakarta, Senin (2/5).

Setelah proses tersebut, hasil UN akan diteruskan ke masing-masing kabupaten/kota dan sekolah penyelenggara. Selanjutnya, hasil UN berbasis pensil dan kertas (UNPK) serta UN berbasis komputer (UNBK) akan diumumkan secara serentak pada Sabtu.

Nizam mengharapkan para siswa SMA tetap tertib saat pengumuman UN dilaksanakan. Luapan kegembiraan, kata dia, sebaiknya dilakukan dengan cara positif.

"Kami harap pengumuman UN tidak dilakukan dengan hura-hura yang berlebihan. Bagi siswa yang masih ingin memperbaiki hasil UN masih diberi kesempatan. Rencananya, UN perbaikan dijadwalkan pada Oktober mendatang," ujar dia.

UN tingkat SMA digelar pada 4-7 April dan 11-12 April lalu. Sebanyak 1.441.002 siswa dari 18.665 sekolah mengikuti UNPK SMA. Peserta UNBK SMA tercatat sebanyak 267.365 siswa dari 1.297 sekolah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement