Selasa 05 Apr 2016 12:19 WIB

Panduan Menyunting Wikipedia Indonesia Diterbitkan

Rep: Ririn Liechtiana/ Red: Nur Aini
Wikipedia
Foto: WIKIPEDIA
Wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Punya hobi menyunting dan menulis? Suka melakukan kerja riset dan investigasi? Senang mengelompokkan dan mengorganisasi sumber dan data?  Jika memenuhi persyaratan di atas, ada baiknya hobi menulis Anda disalurkan lewat laman Wikipedia. Selain meningkatkan kualitas dalam menulis, Anda bisa berkontribusi dan berbagi ilmu atau pengetahuan kepada masyarakat luas.

Kepala Bagian Informasi dan Perpustakaan Goethe-Institut, Christel Mahnke, menyatakan ide informasi untuk semua dan akses bebas untuk konten pengetahuan adalah misi utama perpustakaan sebelum zaman digital dan masih relevan hingga kini. Akses pada pengetahuan saat ini telah bertransformasi memasuki era digital. Wikipedia menjadi laman yang menjadi rujukan dan ensiklopedia yang ditulis oleh para kontributor. Penulis atau penyunting yang berkontribusi di Wikipedia berasal dari berbagai profesi, antara lain programmer, dosen, pelajar, dan pustakawan.

‘‘Pustakawan di Jerman mendukung Wikipedia bahasa Jerman dengan aktif menyumbang artikelnya saat situs tersebut diluncurkan pada Juni 2001,“ kata Christel Mahnke, dalam acara peluncuran Buku Panduan Wikipedia/ kerja sama Wikimedia Indonesia dan Goethe-Institut Indonesien di Jakarta, Kamis (31/3).

Siska Doviana, mantan ketua Wikimedia, menilai keberadaan perpustakaan sangat penting untuk Wikipedia. Buku memiliki informasi dan referensi bagi penulis untuk menciptakan konten yang berkualitas tinggi. Dengan tagline sebuah ensiklopedia bebas yang dibangun oleh komunitas, Wikipedia bahasa Indonesia memiliki komunitas yang disebut Wikimedia Indonesia. Sejak 2010, Wikimedia mendukung penciptaan artikel yang berkualitas baik untuk Wikipedia melalui kompetisi Bebaskan Pengetahuan yang dilangsungkan pada 2010 dan 2014.

Pada pekan lalu, Komunitas Wikimedia yang bekerja sama dengan Goethe-Institute Indonesien mengadakan program menyunting untuk menguji coba buku seri panduan menyunting di Wikipedia Indonesia. Pesertanya dari beragam kalangan, yakni akademisi, wartawan, guru, mahasiswa, dan penulis.

Buku seri panduan penyuntingan Wikipedia terdiri atas tiga modul yang tersedia dengan tiga topik berbeda. Buku modul pertama ditujukan bagi pengguna Wikipedia pemula yang ingin menyunting secara manual.

Pada modul pertama diungkap penjelasan tentang cara memulai penyuntingan yang disesuaikan dengan aturan, pedoman, dan kebijakan Wikipedia. Seperti kewajiban mencantumkan sumber tulisan yang bisa diambil lewat buku ataupun media massa dan pengulasan standar yang dianggap baik dalam penulisan artikel di Wikipedia bahasa Indonesia.

Modul kedua ditujukan bagi pengguna yang ingin berkontribusi lebih lanjut dengan menggunakan bot di Wikipedia. Modul ketiga ditujukan bagi pengguna yang ingin membuat artikel secara otomatis dengan menggunkan data-data dari OpenStreetMap.

Berdasarkan penelitian pada 2015 hingga 2016, jumlah rata-rata kontributor aktif Wikipedia dari Indonesia ialah 43. Angka itu sangat sedikit jika dibandingkan kontributor di luar negeri yang mencapai 4.769. Wikipedia Indonesia memiliki 376 ribu artikel. Wikipedia Indonesia dikunjungi 44 juta pengunjung lewat komputer dan 82 juta pengunjung melalui seluler setiap bulan. Pengguna menyunting kurang lebih 100 artikel per bulan.

Siska mengharapkan banyak kontributor yang bisa menulis dan menyunting secara aktif, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa daerah. Wikipedia Indonesia bisa menjadi media pelestari bahasa daerah yang kini mulai punah. Diketahui, baru empat bahasa daerah yang aktif digunakan untuk penyuntingan artikel, yakni basa Jawa, basa Sunda, bahasa Melayu, dan basa Banyumasan.

Tahun ini, Wikimedia Indonesia dan Goethe-Institut Indonesien berencana untuk mengundang pembicara dari Jerman, Till Kreutzer. Dia merupakan penulis buku Panduan Praktis Penggunaan Lisensi Creative Commons yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement