Rabu 30 Mar 2016 12:57 WIB

Sekolah Penyelenggara UNBK Ingin Jaminan Keamanan dari Peretas

Rep: Bowo Priadi/ Red: Dwi Murdaningsih
peretas
peretas

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Sekolah penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berharap jaminan sistem keamanan server pusat. Hal ini penting agar server utama tersebut benar-benar aman dari upaya peretasan.

 

Penanggungjawab IT SMKN 1 Bawen, Andi Wisnu Ariyanto mengakui, sejauh ini persiapan untuk pelaksanaan UNBK ini tidak pernah menyinggung persoalan sistem penjagaan terhadap upaya peretasan.

 

Bahkan untuk antivirus pun, seperti malware dan lain- lainnya, justru memang tidak diaktifkan. “Sehingga dari sisi keamanan saya kira rawan sekali untuk bisa ditembus peretas,” ujarnya, di sela simulasi pelaksanaan UNBK, di SMKN 1 Bawen, Rabu (30/3).

 

Andi juga mengakui, pihaknya sebagai salah satu penyelenggara UNBK di Kabupaten Semarang, telah menjalankan berbagai ketentuan sesuai dengan apa yang telah ditentukan dari pusat.

 

Sehingga persoalan keamanan program ini sangat bergantung dari sistem keamanan program dari server di pusat. Sekolah penyelenggara hanya mengikuti standar operasional dan prosedur (SOP) untuk perangkat lunak maupun perangkat keras yang harus dipersiapkan.

 

“Sejauh ini untuk urusan keamanan sistem server dari para peretas memang belum sampai ke sana. Sehingga apakah program ini anti bajakan atau sulit dibajak kami juga tidak bisa memastikan,” tegasnya.

 

Namun begitu, ia tetap yakin untuk program UNBK ini para teknisi IT di pusat sudah memikirkan masalah keamanan ini. Namun penting mengupayakan tingkat keamanan yang lebih baik agar kemungkinan tersebut sangat kecil.

 

Sebab kemungknan dibajak atau diretas masih sangat bisa. Menurutnya peretasan atau pembajakan seperti ‘di atas langit masih ada langit’. Mencoba mengalahkan suatu sistem bisa merupakan sebuah kebanggaan bagi peretas. Sementara itu, Ketua Panitia UN Kota Semarang, Sutarto mengatakan, sedikitnya 17 sekolah di Kota Semarang siap menggelar UN dengan sistem online ini. Ke-17 sekolah ini terdiri atas tujuh SMA dan 10 SMK.

 

Ke-tujuh SMA ini meliputi SMAN 1, SMAN 3, SMAN 5, SMAN 8, SMA Nasima, SMA Semesta, SMA dan SMA Bina Bangsa. Sedangkan SMK penyelenggara UNBK kali ini meliputi SMK Negeri 2, SMKN 3, SMKN 7, SMKN 8, SMKN 11, SMK Teuku Umar, SMK texmaco, SMK IPT Karangpanas, SMK Terang Bangsa dan SMK Bagimu Negeriku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement