Senin 28 Mar 2016 17:06 WIB

Saudi Jadi Tujuan Utama Mahasiswa Indonesia Menuntut Ilmu

Rep: Retno Wlandhari/ Red: Achmad Syalaby
Salah satu ruang belajar di Universitas Islam Al-Madinah
Foto: al-arabiya,net
Salah satu ruang belajar di Universitas Islam Al-Madinah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia Adrianus L.G. Waworuntu mengatakan Saudi Arabia merupakan tujuan utama mahasiswa Indonesia dalam menuntut ilmu. Tidak heran, Saudi Arabia dan Indonesia memiliki hubungan historis yang sangat panjang.

“Di samping bidang politik dan budaya, bidang pendidikan adalah kerjasama yang berkembang pesat antara Saudi Arabia dengan Indonesia,” kata Adrianus dalam sambutannya di acara seminar dan kuliah umum Hubungan Saudi Arabia dengan Indonesia di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin (28/3).

Adrianus menuturkan, meskipun diwarnai oleh beberapa persoalan, hubungan baik antara Indonesia dengan Saudi Arabia tidak mengalami gangguan sama sekali termasuk dalam bidang kerjasama pendidikan. Seperti diketahui, persoalan haji dan umrah serta pengiriman tenaga kerja kerap mendominasi hubungan kedua negara.

Sebagai sesama negara aggota G20, Saudi Arabia dan Indonsia justru saling memanfaatkan potensi yang ada untuk mempererat hubungan bilateral antara kedua negara. Seperti terkait dengan moderasi Islam serta upaya untuk meningkatkan interaksi peluang kerjasama yang berdampak optimal dalam kerangka membangun hubungan bilateral dan isu strategis.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement