Senin 15 Feb 2016 04:53 WIB

Yogyakarta akan Luncurkan Fasilitas Try Out UN Online

Rep: Yulianiningsih/ Red: Citra Listya Rini
Ujian Nasional (UN) tingkat SMP.   (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Ujian Nasional (UN) tingkat SMP. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA  -- Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) DI Yogyakarta (DIY) dalam waktu dekat akan meeluncurlkan layanan try out Ujian Nasional (UN) online. Layanan ini bisa diunduh secara gratis melalui website BTKP DIY www.jogjabelajar.org.

"Kita sediakan beberapa soal latihan UN untuk sekolah dasar (SD), SMP, SMA/MA hinggga SMK," kata Kepala BTKP DIY Singgih Raharja kepada Republika.co.id, Ahad (14/2).

Menurutnya, penyusunan soal-soal untuk try out UN online ini dilakukan bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) DIY. Pengembangan soal-soal sendiri disusu berdasarkan kisi-kisi dan panduan dari Kementrian Pendidikan Nasional.

Soal try out UN online ini juga dilengkapi dengan kunci jawaban. Sehingga siswa bisa mencocokkan haslnya setelah selesai menjawab. Hasilnya sendiri akan segera bisa dihitung berdasarkan rumus penilaian UN sehingga siswa bisa langsung melihat nilai hasil try out tersebut.

Setiap mata pelajaran yang masuk UN, akan disediakan beberapa tipe soal. "Latihan soal UN in bisa diunduh dengan alat apapun dan gratis," kata Singgih.

Soal try out UN online ini akan di-upgrade setiap enam bulan sekali.  Kebijakan ini dilakukan untuk meendukung upaya UN berbasis komputer atau UN online computer based test (CBT). Melalui kebijakan ini diharapkan siswa terbiasa mengerjakan soa berbasis online.

BTKP sendiri memberikan support pada verifikasi peralatan di 179 sekolah di DIY yang akan menggelar uN online atau CBT tahun ini. "Itu sekolah SMP dan SMA. Ereka sudah siap tterutama sarana, prasarana dan jaringannya," kata Singgih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement