Kamis 11 Feb 2016 13:50 WIB

Juli 2016, Universitas Pertamina Mulai Terima Pendaftaran Mahasiswa

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nidia Zuraya
PT Pertamina (persero)
PT Pertamina (persero)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) meresmikan pembukaan Universitas Pertamina. Pertamina menunjuk Pertamina Foundation untuk mengelola aset yang mendukung penyelenggaraan Universitas Pertamina, meliputi sarana dan prasarana kampus, sarana olahraga, perpustakaan, dan laboratorium. Peresmian dilakukan di Kampus Pertamina University di Simprug, Jakarta Selatan.

Mulai semester depan, 15 program studi (prodi) dibuka untuk menerima mahasiwa gelombang pertama kampus ini. Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Umar Fahmi menjelaskan, sejak didirikan pada 2011, Pertamina Foundation telah menyelenggarakan berbagai kegiatan di bidang sosial dan kemanusiaan, berfokus pada bidang pendidikan dan lingkungan hidup. Pada 2015, pihaknya ingin meningkatkan fokus pada bidang pendidikan.

"Untuk memperluas cakupan wilayah kerja dan pendanaan program, serta membangun sistem manajemen program berbasis teknologi informasi. Peresmian Univeritas Pertamina ini menjadi sebuah awal bagi kami untuk membangun individu yang kompeten dan dapat bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” ujar Umar saat meresmikan beroperasinya Pertamina University, Kamis (11/2).

Mulai dari 2016 hingga 2020, Pertamina Foundation berfokus kepada penyediaan infrastruktur dasar meliputi pembangunan kampus I, ruang kuliah, laboratorium, serta penyiapan sistem pembelajaran dan administrasi dan ditargetkan pada 2021 pengembangan kampus utama serta pengembangan pusat kegiatan mahasiswa dimulai.

“Pertamina Foundation mengalokasikan dana Rp 680 miliar untuk lima tahun ke depan guna pengembangan Universitas Pertamina. Untuk tahun pertama, alokasi dana Universitas Pertamina diproyeksikan Rp 80 miliar," ujar Fahmi.

Universitas Pertamina akan menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2016/2017 pada Juli mendatang. Program Studi yang ditawarkan berjumlah 15 program studi strata 1 (S1), melalui 6 fakultas yang ada yakni, Fakultas Teknologi Eksplorasi, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Perencanaan Infrastruktur, Fakultas Sains, dan Fakultas Komunikasi dan Diplomasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement