Selasa 09 Feb 2016 16:37 WIB

Mau Sekolah SMA 1 Tahun di Luar Negeri? Begini Caranya

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Dwi Murdaningsih
Siswa-siswi SMU mengikuti sosisalisasi kunjungan pertukaran pelajar di SMU 26, Jakarta, Kamis (3/12).  (Republika/Tahta Aidilla)
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Siswa-siswi SMU mengikuti sosisalisasi kunjungan pertukaran pelajar di SMU 26, Jakarta, Kamis (3/12). (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – American Field Service (AFS) menyediakan program pertukaran pelajar SMA ke 32 negara di seluruh dunia. Pertukaran ini tidak hanya berkaitan dengan ilmu pengetahuan tapi ilmu budaya di negara masing-masing juga.

Direktur Eksekutif Yayasan Bina Antarbudaya, Nina Nasution menerangkan, program ini sebenarnya hanya diperuntukkan bagi para pelajar SMA kelas X. Para calon peserta pertukaran harus terlebih dahulu mendaftarkan diri secara online di website www.bina-antarbudaya.or.id.

Pembukaan pendaftarannya akan dibuka pada Maret nanti dan akan tertera jelas persyaratan dan waktu ujiannya yang ditentukan,” ujar Nina saat Konferensi Pers 60 Tahun AFS Intercultural Programs di Indonesia dan 31 Tahun Yayasan Bina Antarbudaya di Kuningan, Jakarta, Selasa (9/2).

Nina mengatakan, para pelajar SMA memang melakukan pendaftaran pada saat duduk di bangku kelas X. Namun kegiatan pertukarannya baru terlaksana saat mereka berada di kelas XI dan selesai saat di kelas XII. Masa pertukaran pelajar ke sejumlah negara dari Indonesia berlangsung selama satu tahun.

Siswa tersebut minimal bisa berbicara bahasa Inggris dan memiliki nilai di atas rata-rata. Hal yang terpenting adalah mereka memiliki wawasan luas dan kemampuan khsusus seperti menari tarian tradisional dan sebagainya.

Secara pendaftaran, Nina mengutarakan, hal administrasi tentu harus dipenuhi seperti surat izin sekolah, orangtua dan sebagainya. Sekolah peserta juga harus memiliki koneksi tertentu dengan AFS. Hal ini karena berkaitan erat dengan ujian nasional yang akan dihadapi peserta saat kembali dari negara yang dikunjunginya selama satu tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement