Sabtu 06 Feb 2016 11:52 WIB

Anies Ajak Sekolah Tumbuhkan Ekosistem Pendidikan

Rep: c25/ Red: Damanhuri Zuhri
Mendikbud Anies Baswedan
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Mendikbud Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ekosistem pendidikan menjadi salah satu strategi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Langkah itu diharapkan dapat menjadi tujuan yang hendak disapai setiap sekolah, demi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyayangkan bergesernya posisi pendidikan di Indonesia, yang belakangan menjadi seakan ilmu pengetahuan saja.

Maka itu, Mendibkud menekankan pentingnya proses pembiasaan dalam dunia pendidikan, sehingga berbagai ilmu yang coba ditanamkan sekolah dapat terbiasa dan menjadi sebuah ekosistem.

''Jadikan proses pembiasaan dalam pendidikan sebagai tujuan agar memiliki strategi demi terbentuknya insan dan ekosistem pendidikan," kata Anies, Sabtu (6/2).

Ia menuturkan empat fase dalam menumbuhkan ekosistem pendidikan, yaitu diajarkan, dibiasakan, dilatih konsisten dan saat sudah menjadi kebiasaan, tentu akan menjadi sebuah kebudayaan.

Ekosistem pendidikan itulah, lanjut Anies, yang diharapkan dapat menjadi tujuan penting para pelaku pendidikan di Indonesia, agar pendidikan menjadi budaya.

Demi tercapai sebuah ekosistem pendidikan, ia menegaskan pentingnya informasi agar dapat diakses dan diterima oleh setiap pelaku pendidikan, termasuk orang tua.

Menurut Anies, informasi tentang pendidikan secara lengkap sangat penting didapatkan orang tua, agar setiap pelaku pendidikan dapat memiliki andil terbaik dalam mendorong ekosistem pendidikan terwujud.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement