Rabu 25 Nov 2015 14:23 WIB

Pesan Mendikbud di Hari Guru

Rep: c11/ Red: Dwi Murdaningsih
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan
Foto: Republika/Darmawan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyatakan apresiasinya atas pengabdian seluruh guru di Indonesia. Hal ini diungkapkan Anies ketika memberikan sambutan pada Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2015 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Rabu (25/11).

“Izinkan saya atas nama pemerintah menyampaikan  apresiasi dan terima kasih atas semua pengabdian Ibu dan Bapak Guru,” ungkap Anies di Lapangan Kemendikbud, Jakarta, Rabu (25/11).

Menurut dia, tugas dan tanggung jawab guru sangat besar. Tanggung jawab mereka, kata dia, tidak boleh dipandang sebagai beban. Namun tanggung jawab dan tugas ini harus dipandang sebagai kehormatan. Para guru mendapat kehormatan karena berkontribusi dalam menumbuhkan generasi baru yang tercerdaskan.

Menurut Anies, mereka menyadari atas manfaat langsung pendidikan. Oleh sebab itu, mereka berusaha menunaikan amanahnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Amanah itu merupakan pesan tegas bagi bangsa Indonesia. Dengan kata lain, kunci kemajuan bangsa ada pada kualitas manusianya.

Dengan adanya peranan penting guru, Anies menegaskan, para guru memang berada di garda terdepan di negara ini. Mereka adalah orang-orang yang mewakili seluruh bangsa dalam menjalankan amanah bangsa ini ke depannya. Karena itu, guru menjadi sosok yang jelas patut mendapatkan penghormatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement