Rabu 25 Nov 2015 08:43 WIB

Ini Cara Ruangguru.com Tingkatkan Penghasilan Guru

Rep: dyah ratna meta novia/ Red: Damanhuri Zuhri
Sejumlah guru mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 di SMK Negeri 1 Serang, Banten, Selasa (10/11).
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Sejumlah guru mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 di SMK Negeri 1 Serang, Banten, Selasa (10/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Product Manager Ruangguru.com Rosmiyana mengatakan, salah satu visi utama Ruangguru.com meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dengan meningkatkan kesejahteraan para pengajar.

"Kami juga meningkatkan kualitas para guru melalui berbagai inisiatif. Seperti pelatihan berkala bagi guru, program apresiasi prestasi, serta melengkapi para guru dengan berbagai tools yang memudahkan aktivitas mengajar dan pengembangan profesi mereka," katanya, Rabu, (25/11).

Pengembangan profesi mereka bisa dilakukan lewat platform tes.ruangguru.com dan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk membantu guru-guru di sekolah mempersiapkan diri menghadapi Uji Kompetensi Guru (UKG) Nasional. "Kegiatan ini berlangsung selama November."

 

Andika, salah satu pengajar bidang Bahasa Inggris dan Perpajakan di Ruangguru.com mengatakan, ia senang mengajar sejak dulu, dan semangat mengajar ini terus muncul bahkan ketika ia lulus kuliah dan bekerja.

"Saya sangat tertarik dengan program mengajar yang ditawarkan Ruangguru.com karena ada seleksi kualitas pengajar berupa verifikasi latar belakang dan jadwal mengajarnya dapat disesuaikan dengan waktu kosong saya," ungkap Andika.

Setelah memutuskan untuk bergabung pada September 2015, Andika mengaku, dapat menyalurkan passionnya mengajar dan mendapatkan penghasilan tambahan hingga Rp 12 juta/bulan.

"Bayangkan penghasilan tambahan yang mungkin diperoleh guru-guru berpengalaman, yang punya waktu lebih untuk mengajar. Ini akan sangat mendukung kesejahteraan mereka," ujar Andika.

Para pengajar di Ruangguru.com memang mendapatkan kompensasi yang cukup kompetitif dibandingkan tempat lainnya. Pada umumnya, upah guru privat di lembaga lain sangat flat dan ditetapkan lembaga, rata-rata berkisar antara Rp 40.000 hinga Rp 65.000 per jam untuk kelas berkelompok.

Sementara di Ruangguru.com, upah guru ditetapkan guru sendiri, mulai dari Rp 50.000,- per jam. Saat ini secara agregat para pengajar di Ruangguru.com memperoleh upah sebesar Rp 98,000 per jam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement