Rabu 11 Nov 2015 06:06 WIB
SAINS

Empat Bocah Cerdas yang Buat Decak Kagum Dunia

Ryan Chester
Foto: Reuters
Ryan Chester

REPUBLIKA.CO.ID, Terlahir menjadi anak cerdas merupakan anugerah dari Tuhan. Banyak bocah cerdas yang berusia masih sangat muda tapi melakukan hal-hal yang mengagumkan. Bukan tidak mungkin suatu hari nanti mereka akan menjadi tokoh besar yang sangat berperan bagi peradaban dunia. Berikut ini beberapa bocah yang keuletannya membuat decak kagum:

Ryan Chester

Siswa SMA di Ohio ini memenangkan beasiswa 250 ribu dolar atau setara 3,4 miliar untuk penjelasannya mengenai teori relativitas Albert Einstein. Penjelasan itu dia paparkan menggunakan alat peraga sederhana dan gambaran tangan (hadn-drawn) dalam film berdurasi tujuh menit.

Dilansir dari laman The Independent, Chester juga menerima 100 ribu dolar untuk laboratorium sekolahnya di pinggiran Cleveland serta 50 ribu dolar untuk guru fisikanya, Richard Nestoff.

Breakthrough Junior merupakan inisiatif terbaru dari Breakthrough Prizes bagi para ilmuwan matematika, biologi, dan fisika. Panitia menantang siswa usia 13-18 tahun untuk membuat video pendek yang menjelaskan ide-ide besar ilmu pengetahuan. Lebih dari 2000 siswa dan mahasiswa dari berbagai negara ikut serta.

Dalam sebuah wawancara dengan Washington Post, Chester mengaku tantangan ini merupakan kesempatan baginya untuk mengawinkan ilmu pengetahuan dengan seni pembuatan film. Kedua hal itu telah dia anggap sebagai gairah hidupnya. Selepas SMA, Chester telah berencana mengambil studi mayor di bidang film dan studi minor di bidang teknologi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement