Senin , 12 Oktober 2015, 14:03 WIB

Kenalkan Cita-Cita kepada Anak Pulau

Red: Dwi Murdaningsih
Ratna Puspita/Republika
Pulau Tidung
Pulau Tidung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) mengadakan beragam kegiatan untuk memotivasi anak-anak sekolah dasar di Pulau Payung Besar, Kepulauan Seribu, Jakarta, dalam program Hari Inspirasi. Kegiatan tersebut, antara lain diisi oleh tarian  "flash mob" yang memberikan pengetahuan tentang berbagai macam profesi pekerjaan, menonton film, dan menggelar permainan untuk merangsang kreativitas anak.

"Kami berharap semua kegiatan ini bisa memberikan nilai positif untuk anak-anak," kata Larastika selaku Penanggung JawabKIJP di Pulau Payung Besar di Jakarta, Senin.

Menurut dia, KIJP berusaha membangkitkan optimisme anak-anak Sekolah Dasar Negeri 04, satu-satunya SD di pulau tersebut yang muridnya hanya 16 orang, untuk mencapai cita-citanya. Namun, cita-cita para murid di daerah tersebut terbatas pada profesi guru, dokter, dan polisi/tentara. Hal itu disebabkan kurangnya informasi tentang pekerjaan-pekerjaan lain di masyarakat.

"KIJP memperkenalkan profesi-profesi lain, sesuai pekerjaan dari relawan yang ada, membuka wawasan siswa tentang beragamnya pekerjaan yang bisa mereka lakukan ketika mereka dewasa kelak," tutur Laras.

Kegiatan itu mendapat apresiasi dari guru SDN 04 yang menganggap metode KIJP bisa membawa warna dan pengalaman baru bagi para murid. "Anak-anak bisa belajar sambil bermain, ini sesuai kurikulum juga. Murid juga senang kalau belajar di luar kelas, tidak bosan," kata Nur Bainah, guru kelas II SDN 04.

Program KIJP pada Oktober 2015 ini merupakan pelaksanaan keempat atau KIJP #4, setelah sebelumnya diadakan pada Maret 2015, serta KIJP #1 dan #2 pada 2014. Pada 11-12 Oktober 2015, kegiatan KIJP dilakukan secara serentak di 13 sekolah dasar di sembilan pulau di Kepulauan Seribu, seperti Pulau Payung, Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa, dan Pulau Pramuka.

Sekitar 200 relawan terlibat dalam program itu, termasuk yang bertugas untuk dokumentasi. Mereka tersebar di seluruh wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta. Gerakan KIJP berawal dari Kelas Inspirasi yang diadakan di Jakarta oleh Indonesia Mengajar. KIJP merupakan perkumpulan relawan yang terdiri dari para profesional yang peduli terhadap pendidikan dasar anak dengan berbagi, menginspirasi, membangun cita-cita dan karakter dengan melibatkan sekolah, lingkungan, dan masyarakat di wilayah kepulauan.

Sumber : antara