Kamis 08 Oct 2015 16:54 WIB

Kisah Pelajar Kulonprogo Wakili Indonesia ke AS

Rep: Heri Purwata/ Red: Indah Wulandari
Salah satu bentuk pertukaran pelajar
Foto: antarafoto
Salah satu bentuk pertukaran pelajar

REPUBLIKA.CO.ID,WATES -- Pelajar SMA Negeri Sentolo Kulonprogo, Anisa Rahmadani mengikuti pertukaran pelajar ke Amerika Serikat (AS).

Pada Kamis (8/10), Anisa melaporkan kegiatannya selama empat pekan di Virginia, AS kepada Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo.

Anisa menyampaikan, dirinya ke Amerika Serikat sebagai siswa Program Kepemimpinan Muda (Youth Leadership Program) Indonesia-Amerika. Ia berada di Universitas George Mason Fairfax, Virginia, Amerika Serikat.

Selama di Amerika Serikat, kata Anisa, dirinya mengikuti program intensif yang bertujuan pertama, meningkatkan pemahaman anak muda tentang demokrasi, hak dan tanggung jawab masyarakat serta meningkatkan komitmen untuk terlibat dalam masyarakat, pelayanan dan kepemimpinan.

Lalu, memperkuat kapasitas pemuda dengan membekali mereka dengan keahlian-keahlian dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi warga negara yang terlibat aktif dalam komunitas.

Anisa juga berupaya meningkatkan dialog dan memfasilitasi interaksi yang memiliki arti dan berbobot antara peserta Indonesia dan Amerika. "Sehingga mereka bisa memiliki pemahaman yang positif satu sama lain," katanya.

Saat di AS antara 20 Juli – 21 Agustus 2015, Anisa mengikuti analisa akademik yang inovatif melalui praktik, pelatihan langsung, dan pengembangan keterampilan.

"Banyak hikmah yang bisa diambil selama di AS, seperti sifat kekeluargaan, kerjasama antar sesama, persamaan antara yang normal dan penyandang disabilitas, dan toleransi antar pemeluk agama," kata Anisa.

 

Saat ditanya Hasto program apa yang akan dilakukan setelah dari AS, Anisa menyampaikan ingin mengubah pandangan anak-anak sekolah dan masyarakat sekitar agar peduli  lingkungan sekitar.

“Salah satu hal kecil seperti agar tidak buang sampah sembarangan, kemudian mendaur ulang sampah,” kata Anisa yang berangkat ke AS bersama 19 peserta dari Indonesia lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement