Jumat 04 Sep 2015 14:18 WIB

Ruang Kelas Kurang, Siswa Belajar di Perpustakaan dan Laboratorium

Rep: c10/ Red: Taufik Rachman
Ruang kelas rusak (ilustrasi)
Ruang kelas rusak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,TASIKMALAYA -- Kabupaten Tasikmalaya membutuhkan tambahan ruang kelas yang baru. Banyaknya ruangan kelas yang rusak dan jumlah siswa yang terus bertambah, membuat sejumlah siswa ada yang tidak kebagian ruangan kelas.

"Masih ada siswa yang benar-benar tidak mempunyai ruangan kelas, mereka ada yang belajar di perpustakaan dan laboratorium," ujar Kasi Sarana dan Prasarana Pendidikan Sekolah Menengah, Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, Opan Sopyan kepada Republika, Jum'at (4/9).

Opan menjelaskan, kekurangan ruang kelas disebabkan karena banyaknya siswa. Banyaknya siswa disebabkan banyaknya kepala keluarga (KK) di suatu daerah. Berdasarkan letak geografisnya, di wilayah utara dan timur Kabupaten Tasikmalaya padat penduduknya, maka jumlah siswanya pun pasti banyak.

Meski masih banyak ruang kelas yang rusak. Kemudian sejumlah siswa masih ada yang belum memiliki ruangan kelas. Menurut Opan, hal tersebut tidak menganggu KBM. KBM tetap berjalan hanya saja idealnya siswa harus punya ruang kelas dan kelasnya harus bagus.

Sebagai contohnya perpustakaan yang digunakan untuk KBM. Maka fungsi perpustakaan tersebut tidak akan efektif. Tapi KBM tetap bisa berjalan di perpustakaan atau pun di laboratorium. "Tapi ruangan kelas yang memadai akan menopang kegiatan pembelajaran mereka," ujar Opan.

Dinas Pendidikan mencatat, sebanyak 130 ruang kelas Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari 52 SMP dalam kondisi rusak berat. Sebanyak 27 ruang kelas Sekolah Menengah Atas (SMA) dari 17 SMA juga dalam kondisi rusak berat.

Selain itu, sebanyak 38 ruang kelas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari 11 SMK sama dalam kondisi rusak berat. Artinya 195 ruang kelas sekolah menengah dalam kondisi rusak berat. Menurut Opan, perbaikan ruangan kelas dan penambahan RKB tersebut dilakukan secara bertahap setiap tahunnya.

Opan mengatakan, rata-rata setiap tahunnya bisa memperbaiki 12 ruang kelas. Kemudian, rata-rata pembuatan RKB setiap tahunnya mencapai 50 ruangan kelas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement