Ahad 23 Aug 2015 21:01 WIB

Meneruskan Semangat Membaca Anak Melalui Olimpiade Taman Baca

Salah satu kegiatan di Olimpiade Taman Baca Anak (OTBA) 2015, Ahad (23/8)
Foto: Panitia OTBA 2015
Salah satu kegiatan di Olimpiade Taman Baca Anak (OTBA) 2015, Ahad (23/8)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Puncak perayaan rangkaian kegiatan Olimpiade Taman Baca Anak (OTBA) digelar di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur pda Ahad (23/8). Setelah digelar lima kali, tahun ini, OTBA keenam diselenggarakan dengan mengangkat tema ‘1001 Warna Anak Nusantara’.

“Berbeda dari tahun-tahun lalu yang hanya diikuti taman baca se-Jabodetabek, tahun ini untuk pertama kalinya 1001buku mengundang taman-taman baca anggota jejaring 1001buku dari seluruh Indonesia,” ujar Ketua Yayasan 1001 buku, Dwi Andayani dalam siaran pers, Ahad (23/8).

Kegiatan akbar ini diikuti sekitar 282 anak dari 35 taman baca dari Jabodetabek dan Jawa, serta satu TBA dari Sulawesi Selatan. “Saya berharap mereka membawa pulang semangat membaca kepada teman-temannya dan meneruskan keberlangsungan taman baca,” kata Zulkufli Surahmat, pendiri Taman Baca Madani, Sidrap, Sulawesi Selatan yang menjadi satu-satunya peserta OTBA dari luar Jawa.

“Di Taman Baca Anak Cerah, saya belajar membaca, berhitung, komputer, dan membaca banyak buku cerita. Saya sangat senang sekali belajar di sini, bisa menunjang prestasi saya di sekolah,” tulis Aini Mardiah (11 tahun), anggota Taman Baca Anak (TBA) Cerah, Jakarta Utara.

Aini menuliskan kisahnya sebagai keikutsertaan dalam Lomba Online – Menulis Pengalaman di Taman Baca yang diadakan sejak April 2015 lalu sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Olimpiade Taman Baca Anak (OTBA) 2015.

Dalam acara yang didukung sekitar 130 relawan sehari ini, anak-anak akan berkompetisi dan bermain bersama dalam aneka lomba: Lomba Menggambar Imajinasi, Lomba Kolase Nusantara, Lomba Peragaan Busana dari Bahan Bekas, Lomba Maraton dengan pos-pos tantangan yang menguji pengetahuan dan kerjasama.

Ditambah lagi, kali ini juga digelar Lomba Kreasi Gizi yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak mengenai gizi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement