Ahad 23 Aug 2015 14:34 WIB

JK Minta Sekolah Swasta Tingkatkan Mutu Pendidikan

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Angga Indrawan
Jusuf Kalla
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan ilmu pengetahuan merupakan modal utama suatu negara untuk maju. Oleh karena itu, ia pun meminta mutu pendidikan di Indonesia agar ditingkatkan. 

Lebih lanjut, Kalla mengatakan sekolah swasta pun harus bekerja keras mengedepankan mutu pendidikan untuk meningkatkan jumlah siswanya. "Sekolah swasta memang sekarang ini dibutuhkan suatu kerja keras. Kenapa kerja keras? Karena sekolah negeri ini hampir semuanya secara UU dijamin oleh negara. Anggarannya tinggi, sehingga sebagian besar sekolah negeri tidak membayar," kata JK saat memberikan sambutan di Perguruan Adabiah Padang, Ahad (23/8). 

Menurut dia, saat ini sekolah yang paling banyak diminati adalah sekolah swasta yang memiliki mutu lebih baik meskipun biaya pendidikannya juga lebih mahal. Jika tidak bekerja keras meningkatkan mutu, kata dia, maka sekolah swasta tidak akan pernah dapat bersaing dengan sekolah negeri.

"Pasti orang mencari. Artinya adalah orientasi sekolah seperti ini adalah orientasi mutu, bukan orientasi jumlah murid," tambah Kalla. 

Kalla juga mengatakan, ilmu pengetahuan dan pendidikan sangatlah dinamis. Masyarakat juga perlu bersikap dinamis terhadap ilmu pengetahuan. Apabila pendidikan di Indonesia tidak semakin berkembang, kata dia, maka justru bangsa Indonesia akan semakin ketinggalan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement