Selasa 18 Aug 2015 22:51 WIB

20 Pelajar Indonesia Dapat Beasiswa dari Cina

Beasiswa
Beasiswa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 20 pelajar Indonesia mendapatkan program beasiswa pendidikan dari pemerintah Republik Rakyat Cina untuk melanjutkan studi di sejumlah perguruan tinggi di negara tersebut.

"Selamat kepada 20 orang yang mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di berbagai kota di Cina," kata Duta Besar Cina untuk Indonesia Xie Feng saat memberikan sertifikat beasiswa kepada para mahasiswa di Kedutaan Besar Cina di Jakarta, Selasa (18/8).

Sebanyak 20 orang lolos kualifikasi penerima beasiswa dari 200 orang yang telah mendaftar untuk 2015. Beasiswa tersebut diberikan kepada pelajar Indonesia yang melanjutkan kuliah dengan program S1, dan lebih banyak program S2 serta S3 di berbagai universitas ternama di Cina seperti Nankai University, Nanjing Normal University, University of Science and Technology of China, Fudan Shanghai Medical College, dan sejumlah universitas lainnya.

"Seperti kata Nabi Muhammad saw, tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina, dan penerima beasiswa berasal dari Jakarta, Makassar, Bandung, Yogyakarta, ada juga yang berasal dari Sumatera, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi," kata Xie Feng.

Ia berharap para penerima beasiswa agar bisa memberikan kontribusi untuk Indonesia dan Cina setelah menyelesaikan studi di Negeri Tirai Bambu tersebut dengan terlebih dulu bergabung ke Perhimpunan Alumni Cina di Indonesia (Perhati).

"Kami berharap ke-20 orang ini bisa cepat bergabung dalam Perhati. Saya yakin, dalam kesempatan yang baik ini Perhati akan memberikan peranan yang lebih besar untuk persahabatan Indonesia-Cina," kata dia.

Salah satu penerima beasiswa di Nankai University, Ahmad Syarif Maulani mengatakan tidak menyangka bisa mendapatkan kesempatan meneruskan pendidikan di Cina.

"Sempat ngga nyangka juga bisa keterima, dari 200 orang yang daftar. Saya merasa beruntung banget," kata dia.

Pria yang memiliki panggilan akrab Lani tersebut mengatakan mengajukan perencanaan studi untuk memperdalam bahasa Mandarin dan menjabarkannya seluk beluknya dalam tugas akhirnya nanti.

Sementara calon mahasiswa Nanjing Normal University yang mengambil program penyiaran, Indah Restika Sari, mengatakan akan memperdalam ilmu tentang penyiaran televisi guna memajukan industri televisi lokal di Indonesia.

"Targetnya, setelah pulang nanti saya ingin memajukan televisi lokal, karena saya memang berkecimpung di tv," kata Indah yang berasal dari Aceh. Program beasiswa dari Pemerintah Cina tersebut berupa pembiayaan kuliah hingga lulus, dan biaya hidup selama belajar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement