Selasa 04 Aug 2015 09:41 WIB

LIPI: Remaja Indonesia Mampu Bersaing dengan Negara Maju

Rep: C13/ Red: Ilham
 Pelajar yang sedang belajar kelompok dengan guru (ilustrasi).
Foto: Republika/Musiron
Pelajar yang sedang belajar kelompok dengan guru (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menegaskan bahwa remaja Indonesia itu memiliki kemampuan dan kecerdasan yang baik. Oleh karena itu,  Ia menilai remaja Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara maju.

“Banyak pengalaman membuktikan bahwa remaja Indonesia mampu bersaing dengan remaja dari negara-negara maju,” ujar Ketua LIPI, Iskandar Zulkarnain di Yayasan Al-Muttaqin, Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (3/8).

Iskandar menyebutkan, sudah lima tahun berturut-turut LIPI berkomitmen dengan INTEL Indonesia. Menurutnya, pihaknya tetap terus mengirimkan para pemenang kompetisi ilmiah LIPI dalam ajang kompetisi sains terbesar di dunia, Intel International Science and Engineering Fair (IISEF).

Untuk tahun ini, Iskandar mengungkapkan, remaja Indonesia mampu mendapat penghargaan Grand Awards di bidang Mathematics. Remaja Indonesia juga mendapatkannya pada bidang Material Sciences.

Selain itu, banyak remaja Indonesia mendapatkan medali emas di ajang olimpiade internasional. Hal tersebut, kata dia, membuktikan Indonesia mempunyai Sumber Daya Manusia( SDM) berkualitas. Ia menegaskan, remaja memiliki potensi untuk tidak hanya menjadi pengguna teknologi. “Tetapi juga menjadi pencipta dan pemilik ilmu pengetahuan dan teknologi,” tambahnya.

Iskandar mengungkapkan, LIPI berupaya untuk melatih dan membina anak generasi bangsa ini. Salah satunya dengan membuat program Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN).

PIRN merupakan kegiatan ilmiah di lapangan terbuka yang berorientasi pada penelitian. Kegiatan ini mencakup bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Teknik (Teknik Rekayasa). Acara ini diperuntukkan bagi pelajar setingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

Pada kesempatan tahun ini, LIPI akan menggandeng Pemerintah Kota Tasikmalaya untuk penyelenggaraan PIRN. Kegiatan tersebut berlangsung selama delapan hari, yakni dari 2 hingga 9 Agustus 2015 di Yayasan Al Muttaqin, Tasikmalaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement