Ahad 02 Aug 2015 09:06 WIB

Peserta Jakbook 2015 Berkreasi Manjakan Konsumen

Para peserta Jakbook Ikapi DKI 2015 berlomba-lomba memberikan harga murah dan promosi berhadiah.
Foto: Irwan Kelana/Republika
Para peserta Jakbook Ikapi DKI 2015 berlomba-lomba memberikan harga murah dan promosi berhadiah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jakarta Book Fair (Jakbook) Ikapi DKI 2015 menjadi ajang berbelanja murah. Para peserta pameran yang digelar di Plaza Parkir Timur Senayan Jakarta itu beramai-ramai melakukan berbagai promosi untuk menarik konsumen datang dan berbelanja di stan mereka.

Sejumlah stan tas memasang poster harga Rp 75 ribu. Bahkan ada yang hanya Rp 65 ribu.  Ada pula yang menawarkan promosi beli barang dapat hadiah barang. “Kami menjual sepatu berhadiah kaos kaki Rp 15 ribu,” kata Ari, penjaga stan sepatu.

Stan Bunga Stationery juga memberikan diskon khusus untuk pembelian buku dan alat tulis. “Setiap pembelian buku dan alat tulis di stan Bunga Stationery mendapatkan diskon 10 persen,” tutur Andy, penjaga stan Bunga Stationery.

Stan buku tulis juga menjual  buku tulis dengan harga murah. Stan tersebut memasang poster sebagai berikut, “Harga khusus KJP: Rp 35.000 (Buku Tulis Besar); Umum (Rp 40.000).”

Harga sepatu juga didiskon khusus. “Kami menjual sepatu lebih murah dari harga bandrol. Harga sepatu untuk pemegang Kartu Jakarta Pintar lebih murah sekitar 10 persen dari harga untuk umum,” kata seorang pemilik stan sepatu.

Promosi dan diskon khusus lebih besar lagi diberikan oleh para penerbit. Zikrul Hakim menjual buku kreativitas anak yang harga asli Rp 30 ribu, dijual hanya Rp 10 ribu. “Berarti diskon sekitar 67 persen,” kata Direktur Zikrul Hakim Amalia B Safitri.

Stan Al-Mawardi memberikan diskon khusus untuk buku-buku penunjang pendidikan bagi guru dan murid. Contohnya buku “Hitam Putih Kurikulum 2013” dan “Kiat Sukses Belajar Melalui TBJ (Trik Belajar Jitu)”.  “Buku-buku penunjang pendidikan itu kami diskon sampai 40 persen,” kata Manajer Marketing Penerbit  Al-Mawardi Arifman.

Seorang pelajar bernama Rafy (14 tahun) mengatakan ia sangat senang membeli buku di Jakbook Ikapi DKI 2015. “Saya beli novel di Jakbook harganya Rp 55 ribu. Padahal di Toko Gramedia harganya Rp 69 ribu. Berarti untung Rp 14 ribu,” kata siswa kelas III Madrasah Tsanawiyah Pondok Pinang Jakarta tersebut.

Jakbook Ikapi DKI 2015 dibuka 27 Juli 2015. Pameran yang disponsori Bank DKI dan Harian Republika itu akan ditutup Senin, 3 Agustus 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement