Ahad 02 Aug 2015 05:07 WIB

Kaum Muda Diminta Lebih Minati Sains

Astronomi
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Astronomi

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Bidang ilmu pengetahuan Indonesia dianggap masih tertinggal dari negara-negara lain, seperti Amerika, Cina, Jepang, dan Israel. Hal itu diungkapkan peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Jorga Ibrahim.

"Guna mengejar ketertinggalan di berbagai bidang ilmu pengetahuan, salah satunya diperlukan minat tinggi masyarakat, terutama minat generasi muda pada pengetahuan," katanya, Sabtu (1/8).

Ia mengatakan hal tersebut sebelum menjadi pembicara pada Public Lecture di arena International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) di Balairung Pancasila kompleks SMA Taruna Nusantara Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. "Saya mencoba menggerakkan kaum muda agar berminat pada bidang ilmu pengetahuan. Menggugah anak-anak SMA supaya punya minat untuk mengejar keterlambatan level keilmuan kita dari negara-negara maju," katanya.

Ia menuturkan dengan menekuni bidang ilmu pengetahuan, tidak serta merta langsung membawa dampak dan keuntungan ekonomi pada diri seseorang. Manfaat ekonomi dari bidang ilmu pengetahuan bisa muncul dalam waktu yang cukup lama. Ia mengatakan sering manusia tidak sabar menunggu munculnya manfaat ekonomi itu, sehingga kurang berminat pada ilmu pengetahuan. Atas dasar itu, seseorang lebih memilih bidang yang lebih mudah menghasilkan manfaat ekonomi.

"Mestinya kita mengubah cara pandang dengan menjadikan ilmu pengetahuan sebagai kebudayaan. Seperti yang terjadi di Israel, mereka menempatkan ilmu pengetahuan sebagai bagian dari kehidupan sehingga ilmu pengetahuan lebih maju," katanya.

Di tingkat Asia, katanya, bidang keilmuan Indonesia tertinggal dari Singapura, Jepang, dan Cina. Negara-negara maju, katanya, selalu menempatkan ilmu pengetahuan sebagai kebudayaan dan menjadi bagian dari kehidupan. Menyinggung anak-anak Indonesia yang mendapat medali dari sejumlah olimpiade internasional bidang ilmu pengetahuan, dia mengatakan hal itu bisa menjadi stimulus yang baik agar anak-anak muda mempunyai minat pada ilmu pengetahuan.

sumber : antarae
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement