Ahad 02 Aug 2015 01:05 WIB

600 Siswa Terpilih Ikut Perkemahan Ilmiah Remaja

Rep: c13/ Red: Dwi Murdaningsih
Karya Tulis Ilmiah (ilustrasi)
Foto: anneahira
Karya Tulis Ilmiah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) siap menggelar Perkemahan Remaja (PIRN). Kegiatan ini akan diselenggarakan dari 2 hingga 9 Agustus 2015 di SMA Al Muttaqin, Tasikmalaya, Jawa Barat. Kepala Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas (BKHH) LIPI Nur Tri Aries menerangkan, kegiatan PIRN akan mengupayakan untuk mengarahkan dan membimbing para remaja. Terutama, tambahnya, dalam menanamkan sikap dan perilaku scientific minded, scientific curiosity, dan scientific approach.

Nur juga menjelaskan, bimbingan yang diberikan LIPI bertujuan untuk menumbuhkan kemandirian para siswa atau remaja tersebut. Sehingga, kata dia, mereka bisa mencari alternatif pemecahan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

“Terlebih saat ini budaya meneliti dikalangan remaja Indonesia bukanlah sesuatu yang asing bagi mereka,” jelas Nur yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia PIRN 2015, Sabtu (1/8).

Menurut Nur, kegiatan PIRN tahun ini akan diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan. Ia menjelaskan seperti pemberian materi metodologi penelitian dan penyusunan proposalnya, penelitian lapangan, penulisan laporan, dan presentasi laporan penelitian.

Untuk PIRN 2015, Nur mengingkapkan, jumlah peserta berpastisipasi sebanyak 600 orang dari berbagai provinsi. Mereka, terangnya, terdiri dari 450 orang pelajar SMP dan SMA serta 150 orang guru pembimbing tingkat SMP-SMA/sederajat dari seluruh Indonesia.

“Untuk PIRN Ke-15 tahun 2016 mendatang, tuan rumah penyelenggaraan direncanakan di Kota Bengkulu,” tutupnya.

PIRN merupakan kegiatan ilmiah di lapangan terbuka yang berorientasi pada penelitian. Kegiatan ini  mencakup bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Teknik (Teknik Rekayasa). Acara ini diperuntukkan bagi pelajar setingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

Pada kesempatan tahun ini, LIPI akan menggandeng Pemerintah Kota Tasikmalaya untuk penyelenggaraan PIRN. Kegiatan tersebut berlangsung selama delapan hari, yakni dari 2 hingga 9 Agustus 2015 di SMA Al Muttaqin, Tasikmalaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement