Sabtu 04 Jul 2015 22:28 WIB

UIN Sumut Gelar Seminar Manajemen Berbasis Spiritual

Penggagas Celestial Management A Riawan Amin sedang memberikan pemaparan dalam acara seminar spiritual management di Kampus UIN Sumut, Medan, Sabtu (4/7).
Foto: Dokumentasi Asbisindo
Penggagas Celestial Management A Riawan Amin sedang memberikan pemaparan dalam acara seminar spiritual management di Kampus UIN Sumut, Medan, Sabtu (4/7).

REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN -- Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri (UIN)  Sumatera Utara Medan menggelar seminar Manajemen Berbasis Spiritual. Kegiatan tersebut diadakan di di Hotel Dharma Deli, Jalan Balai Kota Nomor 02 Medan, Sumatera Utara, Sabtu (4/7).

Seminar yang dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (FEBI) UIN Sumatera Utara Dr Akmal Achyar Tarigan itu menampilkan narasumber  Dr A Riawan Amin MSc.  Ia adalah seorang akademisi dan praktisi ekonomi syariah. Mantan direktur utama Bank Muamalat Indonesia (BMI) selama dua priode itu saat ini menjabat Ketua Dewan Kehormatan Asosiasi Bank Syariah se-Indonesia (Asbisindo).

Sebagai praktisi ekonomi syariah, Riawan Amin menulis sejumlah buku tentang manajemen berbasis syariah. Salah satunya adalah The Celestial Manegement (Manajemen Langit) yang berhasil masuk buku laris (best seller).

Pembicara lainnya adalah Safak Muhammad (Penulis buku dan Islamic Financial Planner).  Ia mengupas materi tentang Manajemen Keuangan Islami (Mengelola Keuangan dan Melipatgandakan Kekayaan dengan kecerdasan Spritual).

Koordinator Panitia Muhammad Yafiz MAg mengatakan seminar itu bertujuan antara lain  untuk membangun kesadaran bersama seluruh civitas akademika tentang pentingnya peran manajemen berbasis spritual dalam mengelola organisasi yang baik. Selain itu tersosialisasikannya paradigma keilmuan integratif-transdisipliner melalui manajemen spiritual sebagai bagian dari model desain keilmuan Ekonomi Syariah di FEBI UIN Sumatera Utara.

“Dengan kegiatan ini diharapkan FEBI akan dapat menjadi pelopor untuk penerapan manajemen berbasis spiritual yang mampu mengantarkannya menjadi sebuah lembaga pendidikan tinggi yang professional dan berdaya saing,” ujar Muhammad Hafiz.

Buku The Celestial Management (Manajemen Langit) karya Riawan Amin, menawarkan sebuah pendekatan baru di bidang manajemen. Yakni, memberikan sentuhan spiritualitas yang segar dalam pengelolaan usaha.

Prinsip dan nilai-nilai spiritualitas yang universal dan relevan dengan kegiatan bisnis, dikemas dalam 12 atribut utama yang terangkum dalam ZIKR  (Zero Base, Iman, Konsisten, dan Result Oriented), sharing PIKR  (Power, Information, Knowledge dan Rewards), dan MIKR (Militan, Intelek, Kompetitif, dan Regeneratif).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement