Rabu 24 Jun 2015 01:49 WIB

CSR PTSI Sasar Peningkatan Minat Baca

Direktur Utama PT Surveyor Indonesia Arif Zainuddin bersama siswa SDN 02 Menteng Atas Jakarta Selatan asyik menikmati Mading Pelangi
Foto: Dokumentasi PTSI
Direktur Utama PT Surveyor Indonesia Arif Zainuddin bersama siswa SDN 02 Menteng Atas Jakarta Selatan asyik menikmati Mading Pelangi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Direktur Utama PT Surveyor Indonesia  M Arif Zainuddin  mengatakan selama ini kegiatan  tanggung jawab sosial korporasi (CSR) PT Surveyor Indonesia ditujukan ke sejumlah bidang sesuai dengan peraturan. Kali ini CSR tersebut diarahkan ke bidang pendidikan, khususnya meningkatkan minat baca siswa.

Untuk itu, PT Surveyor Indonesia (PTSI) menggandeng Pelangi yang selama ini sudah berpengalaman membuat majalah dinding di berbagai lembaga dan meluncurkan program CSR  bertajuk “Dukung Gerakan 10 Menit Membaca-Peluncuran Majalah Dinding Pelangi”.

Kegiatan tersebut dipusatkan di SDN 02 Menteng Atas, Jakarta Selatan, Senin (15/6). “Program CSR ini ‘Dukung Gerakan 10 Menit Membaca-Peluncuran Majalah Dinding Pelangi’ ditujukan ke 10 sekolah SD,” kata Arif Zainuddin.

Arif menyebutkan, dari jumlah tersebut, lima sekolah tersebar di Jakarta (SDN Pela Mampang 01 Pagi, SDN 02 Menteng Atas, SDIT Al Mughni,  SDS Asisi  SDI Al Azhar Syifa Budi ). Lima lainnya adalah SDN 4 Langkahan  (Lhosukon,  Aceh), Taman Baca Pelangi - Labuan Bajo,  SDN Tarak Fakfak  (Papua Barat),  SDN 01 - Aruk Sambas (Kalimantan Barat), dan  SDN 38 - Sekodi Bengkalis ( Riau). Tiap-tiap sekolah mendapatkan masing-masing dua mading yang isinya sama.

Program CSR Mading Pelangi tersebut berdurasi satu tahun, dan akan dievaluasi menjelang akhir program.  “Tujuan program CSR bidang pendidikan ini adalah untuk meningkatkan minat baca di kalangan siswa. Kalau setiap sekolah menghasilkan 500 pembaca dalam sebulan, maka dalam sebulan berarti lahir 5.000 pembaca,” kata Arif.

Arif memastikan jumlah tersebut akan terus berlipat setiap bulan. “Setiap bulan materi majalah dinding tersebut kami ganti dengan yang baru. Adapun materi yang lama kami kirim ke sekolah-sekolah lain. Dengan demikian, kami yakin akan lahir jumlah pembaca yang terus meningkat setiap bulan,” tuturnya.

Peluncuran Mading di SDN 02 Menteng Atas tersebut disambut antusias para siswa. Mereka berebutan membaca mading tersebut. Apalagi mading tersebut terdiri dari beberapa rubrik yang informatif, seperti taman tekno, cerita pagi, jelajah negeri, hasil karyaku, komikada, bumi kita, lentera, jika aku besar nanti, dan tahukah kamu.

“Tampilannya sangat bagus dan isinya pun beragam, sehingga mading tersebut sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan para siswa,” kata Arif yang ikut membaca mading bersama puluhan siswa

.

Arif menambahkan, sebelum ini PTSI juga sudah melaksanakan CSR di bidang pendidikan, antara lain bekerja sama dengan Kak Seto. Kerja sama tersebut dalam bentuk penyediaan mobil  perpustakaan keliling. Program lainnya adalah bantuan pembangunan SMP di Padalarang, Jawa Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement