Jumat 22 May 2015 15:06 WIB

UN Tahun Ini Dinilai Lebih Baik

Rep: c13/ Red: Esthi Maharani
Ombudsman RI
Ombudsman RI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) menilai pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di 2015 ini lebih baik. Menurut Lembaga Negara Pengawas Pelayanan Publik ini, penilaian ini tidak hanya ditunjukkan pada pelaksanaan UN tingkat SMA/sederajat, tapi juga SMP/sederajat.  

“Kami nilai UN tahun ini lebih baik dari yang lalu,” tegas Komisioner Bidang Penyelesaian Laporan Ombudsman, Budi Santoso saat Konferensi Pers (Konpers) pada Kamis (21/5).

Budi memberikan apresiasinya kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Menurutnya, hal ini merupakan langkah maju pemerintah dalam memperbaiki kualitas pendidikan melalui UN.

Secara kualitatif, Budi menerangkan pendistribusian naskah soal UN sudah lebih baik. Ia menduga hal tersebut dikarenakan penerapan UN Computer Based Test (CBT) yang tidak memerlukan distribusi.

Selain itu, Budi juga mengungkapkan, perihal pengawasan juga dinilai lebih baik. Menurut Budi, sejauh ini koordinasi Kemendikbud dalam hal pengawasan  juga sudah tepat karena merangkul sejumlah seperti ORI untuk ikut mengawasi pelaksanaan UN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement