Rabu 20 May 2015 22:56 WIB

Empat Sekolah Wakili Banten Ikut LSS Nasional

Rep: C81/ Red: Djibril Muhammad
Suasana belajar di sebuah sekolah.
Suasana belajar di sebuah sekolah.

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Empat sekolah mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak hingga SLTA dipercaya mewakili Banten mengikuti Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Nasional tahun 2015 ini. Sekolah tersebut akan bersaing dengan puluhan sekolah lain dari provinsi lain di Indonesia untuk meraih gelar juara.

Empat sekolah tersebut diantaranya Taman Kanak-Kanak Condrodimuko Pulomerak, Kota Cilegon, SD Tarakanita Kabupaten Tangerang, SMP Al-Zahra Kota Tangsel dan SMK 1 Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. Sekolah tersebut merupakan juara tingkat Provinsi Banten.

Plt. Gubernur Banten Rano Karno menyampaikan, secara konsep berdasarkan ketentuan pasti pihak sekolah sudah mempersiapkan langkah–langkah untuk menghadapi perlombaan tersebut, tetapi terkadang ada hal – hal kecil yang bisa mengurangi bobot nilai perlombaan tersebut.

"Ibu Kepala Sekolah pasti sudah menyiapkan konsep besar untuk menghadapi lomba ini, tapi jangan lupa hal – hal kecil dapat mengurangi penilaian lomba, seperti tanaman layu, kawat anti nyamuk kotor dan lainnya," kata Rano Karno, Rabu (20/5).

Rano melanjutkan, tujuan dari Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah peningkatan mutu pendidikan dan prestasi belajar didik dengan meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta meningkatkan derajat kesehatan peserta didik agar terciptanya lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia indonesia seutuhnya.

"Dengan kegiatan ektra kurikuler di sekolah diharapkan memberikan komitmen kepada anak didik tentang pentingnya kesehatan mulai sejak dini," ucapnya.

Rano juga berharap kreativitas sekolah-sekolah ini dapat menginspirasi instansi lainnya. "Saya juga ingin menyampaikan harapan kepada seluruh jajaran aparatur pemerintah dan masyarakat untuk senantiasa meningkatkan inovasi, kreativitas, motivasi, partisipasi dan bersinergi terhadap pelaksanaan program UKS di seluruh sekolah di banten," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Sigit Wardjoyo menambahkan, dalam empat tahun terakhir prestasi lomba sekolah sehat tingkat nasional cukup menggembirakan. Sebagai contoh pada tahun 2013 lalu Banten meraih juara umum karena 4 empat sekolah yang mewakili banten seluruhnya meraih juara pertama.

"Sekolah yang meraih juara 1 yaitu TK Tarakanira, dan SMA Plus Pembangunan Jaya, sedangkan SD Islam Cikal Harapan dan SMP Negeri 11 Kota Tangsel meraih juara harapan 1. Mudah-mudahan tahun ini kita meraih juara umum lagi," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement