Sabtu 09 May 2015 19:42 WIB

Oktober, Uni Eropa Kembali Adakan Education Fair

Rep: c07/ Red: Dwi Murdaningsih
Stand Universitas Indonesia dalam sebuah ajang pameran pendidikan internasional
Foto: Dok Republika
Stand Universitas Indonesia dalam sebuah ajang pameran pendidikan internasional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Uni Eropa pada bulan Oktober akan menggelar pameran pendidikn tahunan yang disebut European Higher Education Fair (EHF) 2015. Acara yang sudah digelar tujuh kali tersebut merupakan ajang yang baik bagi para pelajar Indonesia untuk dapat bertemu langsung dengan berbagai paerwakilan Universitas di Eropa.

"Dalam acara tersebut akan membahas program studi dan kehidupan Universitas di sana serta mendapatkan infornasi tentang institusi pendidikan tinggi," ujar Kuasa Usaha Delegasi UE, Colin Crooks di Grand Hotel Sahid Jakarta, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Sabtu (9/5).

Sebelumnya pada November 2014, EHF juga diselenggarakan di Jakarta, Surabaya, dan Makassar, dikunjungi lebih dari 20.000 orang.

Eropa merupakan tujuan yang makin populer bagi para pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya. Bahkan pada tahun 2013 sekitar 4.000 pelajar Indonesia sudah berangkat ke Eropa untuk menempuh pendidikan sarjana dan pasca sarjana.

Jumlah tersebut meningkat sebesar 20 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Secara keseluruhan ada 7.000 mahasiswa Indonesia saat ini sedang menempuh pendidikan di Eropa.

Di Eropa terdapat lebih dari 4.000 institusi pendidikan  tinggi dengan 150 ribu progran pasca sarjana yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya. Banyak pula perguruan tinggi di Eropa yang termasuk dalam peringkat 100 universitas terbaik di dunia dan menawarkan fasiliras yanf moderen dengan berbagai kesempatan penelitian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement