Rabu 06 May 2015 14:07 WIB

Memetik Pelajaran dari Kelas Global (6)

Sekolah di Jepang
Foto: News
Sekolah di Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa yang dapat kita pelajari dari negara-negara lain dalam menyiapkan anak-anak untuk masa depan? Banyak.

Mari kita berkeliling dunia untuk melihat bagaimana sistem pendidikan terkemuka membantu murid-murid mereka berprestasi.

Dikutip dari www.parentsindonesia.com berikut penjelasannya:

Jepang

Secara mengejutkan, orang Jepang telah menemukan bahwa kelas dalam jumlah yang lebih besar (sekitar 28 anak dalam satu kelas di tingkat dasar, dibandingkan dengan jumlah 23 di negara Amerika) membuat metode pengajaran lebih efektif. Ketika seorang guru mengajar sebuah kelompok anak-anak yang jumlahnya lebih besar, ini memberikan kebebasan kepada sesama rekan kerjanya untuk menghabiskan waktu bekerjasama, membuat rencana belajar, dan mengajarkan secara secara personal bila dibutuhkan.

"Ruang belajar lebih terstruktur dibandingkan di Amerika, dan guru memunyai kendali penuh," ujar Verna Kimura, konsultan pendidikan yang telah tinggal dan mengajar di Jepang selama lebih dari dua dekade. Dan anak-anak saling berkompetisi dalam setiap level, dimulai dari perjuangan untuk dapat masuk ke TK yang paling diminati. Orang Jepang percaya bahwa kebiasaan belajar yang baik di usia dini membentuk sebuah pola yang akan menetap sampai mereka dewasa. Pada saat usia 6 atau 7 tahun, murid-murid diajarkan keahlian-keahlian spesifik dalam mengerjakan tes, seperti bagaimana menggunakan proses eliminasi untuk menemukan jawaban pilihan ganda yang benar.

"Seintens apapun pendekatan ini terlihat, suasananya membantu membangun keuletan dan tanggung jawab," papar Kimura.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement