Rabu 06 May 2015 12:04 WIB

Memetik Pelajaran dari Kelas Global (4)

Suasana kelas di sekolah New Zealand
Foto: Google
Suasana kelas di sekolah New Zealand

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa yang dapat kita pelajari dari negara-negara lain dalam menyiapkan anak-anak untuk masa depan? Banyak.

Mari kita berkeliling dunia untuk melihat bagaimana sistem pendidikan terkemuka membantu murid-murid mereka berprestasi. Dikutip dari www.parentsindonesia.com berikut penjelasannya:

New Zealand

Anda mungkin merasa khawatir pada usia berapa anak Anda harus mulai menggunakan internet, tetapi tidak demikian di New Zealand dimana anak-anak dimotivasi untuk posting secara online pekerjaan rumah mereka sejak usia dini. "Murid-murid mulai menggunakan teknologi sejak mereka berusia 5 tahun, menggambar dengan program grafis yang sederhana dan menulis apa yang didiktekan guru-guru mereka," papar Sarah McPherson, EdD, ketua departemen teknologi instruksional di New York Institute of Technology, di Old Westbury, New York, yang baru-baru ini mengunjungi sekolah-sekolah di New Zealand.

Pada saat anak-anak berada di kelas tiga, mereka mem-posting tulisan dan hasil gambar mereka di internet secara mandiri. Semua ini merupakan bagian dari tujuan Kementerian Pendidikan untuk menciptakan generasi muda yang dapat mengekspresikan diri mereka dan yang bertanggung jawab terhadap proses belajar mereka. "Blogging adalah sebuah cara memberikan kesempatan para murid-murid bersuara," kata Dr. McPherson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement