Selasa 05 May 2015 20:26 WIB

Lagi, Ditemukan Siswa Gunakan HP saat UN

Rep: Ahmad Baraas/ Red: Ilham
UN SMP
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
UN SMP

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) hari kedua tingkat SMP di Bali diciderai pelanggaran siswa yang menggunakan HP di ruangan kelas. Pelanggaran dilakukan oleh salah seorang siswa SMPN 3 Denpasar.

"Saat UN hampir berakhir, ada siswa yang menggunakan HP di kelas," kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali, Umar Ibnu Al Khotob.

Sehari sebelumnya, pelanggaran serupa juga ditemukan tim Ombudsman Perwakilan Bali saat memantau ujian di SMPN 1 Kuta Utara. Saat UN SMA juga Ombudsman menemukan pelanggaran serupa di SMAN 1 Depasar dan SMKN 1 Denpasar.

Menurut Umar, saat memantau pelaksanaan UN di SMP 3 Denpasar, tim Ombudsman melihat dari balik jendela kaca ada seorang siswa diam-diam menggukann HP. Umar menyayangkan ketidakjelian dan kelalaian pengawas yang mestinya melaksanakan tugasnya dengan baik.

"Terlepas apakah siswa itu menggunakan HP untuk keperluan apa, kami tidak tahu, tetapi jelas itu kelalaian pengawas," tegas dia.

Secara umum, pelaksanan UN hari kedua berjalan lancar. Hal itu terlihat dari keseriusan siswa mengerjakan soal mata pelajaran matematika. "Demikian juga, dari sisi distribusi logistik UN maupun ketersediaan soal, kami lihat tidak ada kendala berarti. Semuanya berjalan lancar," kata Umar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement