Senin 04 May 2015 06:33 WIB
Ujian Nasional 2015

UN SMP, Siswa Dilarang Bawa Tas dan HP ke Kelas

Siswa mengikuti Ujian Nasional mata pelajaran Bahasa Indonesia berbasis komputer di SMKN 28, Jakarta Selatan, Senin (13/4).
Foto: Republika/Yasin Habibi
Siswa mengikuti Ujian Nasional mata pelajaran Bahasa Indonesia berbasis komputer di SMKN 28, Jakarta Selatan, Senin (13/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan setempat menyatakan siap menggelar Ujian Nasional untuk tingkat sekolah menengah pertama dan sederajat mulai hari ini 4 hingga 7 Mei 2015.

"Berbagai persiapan sudah dilakukan oleh pihak sekolah agar seluruh siswa siap menghadapi UN. Salah satunya melalui pendalaman materi yang dilakukan usai sekolah dan pelaksanaan try out UN," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Arie Budhiman di Jakarta, Ahad.

Selain dari segi pendalaman materi ujian, menurut dia, seluruh siswa juga dipersiapkan sebaik-baiknya dari segi mental, sehingga diharapkan benar-benar siap dan percaya diri saat menghadapi UN.

"Saat UN, kami juga fokus terhadap pengawasan, yakni pengawasan untuk menjaga naskah soal supaya tidak terjadi kebocoran, serta pengawasan selama ujian untuk mencegah kecurangan," ujar Arie.

Selama ujian berlangsung, dia menuturkan seluruh siswa tidak diperbolehkan untuk membawa kertas, telepon genggam dan tas sekolah ke dalam kelas. Dia juga meminta agar semua petugas melakukan pengawasan sebaik mungkin.

"Sesuai arahan dari Pak Gubernur DKI (Basuki Tjahaja Purnama), seluruh pengawas harus melakukan tugasnya sebaik mungkin. Sehingga, tidak ada kecurangan sama sekali selama ujian berlangsung," tutur Arie.

UN tingkat SMP dan sederajat akan dilaksanakan pada 4 hingga 7 Mei 2015. Mata ujian pada hari pertama, yaitu Bahasa Indonesia, lalu Matematika pada hari kedua, Bahasa Inggris hari ketiga dan Ilmu Pengetahuan Alam pada hari keempat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement