Ahad 03 May 2015 19:03 WIB

MTs Pembangunan 99 Persen Siap Laksanakan UN

Rep: C30/ Red: Ani Nursalikah
Ujian Nasional SMP
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Ujian Nasional SMP

REPUBLIKA.CO.ID, CIPUTAT -- Jelang Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2015 yang hanya tinggal menghitung jam, Wakil Kesiswaaan Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakarta  Miran menyatakan kesiapannya sudah 99 persen.

“Persiapan UN untuk besok sudah 99 persen,” ujar Miran, Ahad (3/5).

Menurutnya, segala sarana dan prasarana untuk menunjang jalannya UN sudah siap, termasuk ruangan, nama, nomor juga foto siswa. Segala kesiapan itu sudah berdasarkan surat tugas dari Kementerian Agama.

Dengan masih menggunakan sistem UN manual, sekolah Madrasah Pembangunan (MP) mendatangkan 29 orang dari luar sekolah yang bertugas untuk mengawasi jalannya UN. Ruangan yang dipakai untuk ujian berjumlah 13 lokal. Sebanyak 12 lokal akan diisi oleh 20 siswa dan satu lokal akan diisi oleh 11 siswa.

“Jumlah siswa yang ujian tahun ini 251 orang. Persiapan ini sudah dilakukan dari jauh-jauh hari agar siswa mampu menghadapi UN,” ujarnya yang sudah dua periode menjabat sebagai Wakil Kesiswaan ini.

Miran menjelaskan upaya apa saja yang sudah dilakukan MP untuk mempersiapkan siswanya mampu menghadapi UN. Pertama, pendalaman materi sudah dimulai dari awal semester siswa kelas sembilan.

Kedua, pengadaan enam kali try out. Try out dilakukanuntuk terus mengukur perkembangan nilai siswa selama pendalaman materi. Miran juga menuturkan empat try out yang dilakukan murni dari internal MP.

Ketiga, menghadirkan tokoh motivator nasional, juga melakukan doa bersama oleh seluruh peserta ujian nasional siswa MP dua pekan sebelum pelaksanaan UN.

Miran berharap siswa-siswanya dapat lulus 100 persen dengan NEM yang memuaskan. Selain upaya dari pihak sekolah, Miran juga berharap para orangtua dapat menjadi penyemangat utama keberhasilan anak-anaknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement