Rabu 29 Apr 2015 23:46 WIB

Ini Budi, Permudah Pembelajaran Siswa

Warga binaan menjalani Ujian Nasional di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Jakarta Timur, Senin (13/4).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Warga binaan menjalani Ujian Nasional di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Jakarta Timur, Senin (13/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- IniBudi.Org mempermudah konten pembelajaran dalam bentuk digital untuk mengembangkan mutu pendidikan bagi anak-anak dan guru di seluruh Indonesia.

"Kami mendesain dan memproduksi materi pembelajaran digital seperti video, teks, dan lembar kerja untuk siswa, guru dan orang tua," kata Direktur IniBudi.Org Wilita ketika berdiskusi tentang pendidikan di Jakarta, Rabu (29/4).

Ia menjelaskan IniBudi.Org merupakan organisasi nonprofit yang berfokus pada bidang pengembangan pendidikan.

Organisasi tersebut bekerja sama dengan komunitas guru-guru di Indonesia dalam mengembangkan proyeknya. "Dengan adanya pengembangan digital ini pernah ada laporan dari suatu sekolah bisa menghemat dana fotocopy sebanyak puluhan juta dalam satu tahun," katanya.

Selain bisa menghemat anggaran operasional, organisasi ini ingin membuat proses belajar-mengajar menjadi lebih interaktif atau menyenangkan. "Kalau belajar saja membosankan bagaimana anak-anak mau pintar? Maka harus dengan metode baru seperti video dan teks," ujarnya.

Semua materi yang dibuat, telah disesuaikan dengan kurikulum yang ada di sekolah-sekolah. Bahan-bahan tersebut bisa diakses oleh semua orang tanpa dipungut biaya apapun melalui dunia maya. Menurutnya,dengan memanfaatkan teknologi proses penyebaran soal menjadi lebih mudah dan efisien dibandingkan dalam bentuk fisik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement