Jumat 24 Apr 2015 17:03 WIB

SMPN 1 Banguntapan Juara LCC Museum

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Dwi Murdaningsih
Museum Hakka TMII
Foto: Indonsiatravel
Museum Hakka TMII

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Museum Negeri Sonobudoyo menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat  (LCC), Kamis (23/4). Lomba tersebut diikuti oleh 15 peserta yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Lomba yang dilaksanakan di Auditorium Museum Sonobudoyo merupakan salah satu rangkaian acara Gelar Budaya 2015. Adapun materi yang dilombakan dalam LCC ini meliputi aspek permuseuman, sejarah budaya dan sejarah perjuangan, kata Humas acara Gelar Budaya 2015 (LCC) Elisabeth Sutriningsih, Jumat (24/4).

Yang berhasil memenang LCC di tingkat provinsi adalah SMPN 1 Banguntapan sebagai juara I dengan skor 1.350, disusul oleh SMPN 1 Semin dengan skor 1.200 sebagai juara II, SMPN 1 Godean meraih juara III dengan skor 1.100, juara harapan I diraih oleh SMPN 1 Temon dengan skor 1.100 dan juara harapan II dengan skor 1000 diraih oleh SMPN 1 Pleret.

"Untuk pemenang pertama yang juga akan mewakili Provinsi DIY dalam LCC tentang museum di tingkat nasional di Jakarta," kata Kepala Museum Negeri Sonobudoyo  Riharyani.

Menurut dia, keberadaan museum sebagai pelestarian dan budaya yang menjadikan koleksinya sebagai sajian informasi, harus didukung dengan kegiatan publik yang atraktif dan kreatif.

Apalagi, kata dia menambahkan, sejarah perjuangan bangsa mulai dilupakan oleh generasi muda saat ini. Berkaitan dengan hal tersebut, Museum Negeri Sonobudoyo  yang beralamat di Jalan Trikora No. 6 Yogyakarta.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan DIY Umar Priyono mengatakan sangat menghargai usaha yang dilakukan oleh Museum Negeri Sonobudoyo untuk meningkatkan kecintaan generasi muda pada museum dan sejarah bangsa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement