Selasa 21 Apr 2015 19:44 WIB

Jadwal UN Perbaikan Belum Dipastikan

Rep: C36/ Red: Djibril Muhammad
Pelajar mengikuti ujian nasional berbasis komputer.  (ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Pelajar mengikuti ujian nasional berbasis komputer. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jadwal Ujian Nasional (UN) perbaikan yang rencananya digelar 2016 mendatang belum  bisa dipastikan secara rinci. Calon peserta UN perbaikan diimbau mendaftarkan diri terlebih dahulu ke sekolah masing-masing.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) SMA Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi DKI Jakarta, Fathurin Zen, jadwal pasti pelaksanaan UN perbaikan akan dibahas lebih lanjut oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Memang benar UN perbaikan dijadwalkan pada 2016. Namun, apakah pelaksanaannya jatuh di semester VI atau semester V, belum bisa dipastikan. Masih ada pembahasan lebih lanjut," katanya saat dijumpai Republika di kantornya, Selasa (21/4).

Fathurin menyarankan peserta agar kembali mengikuti bedah soal atau pendalaman materi UN. "Bagi calon peserta UN perbaikan sebaiknya tidak berkecil hati atau malu bergabung dengan adik kelasnya. Sebab, belum tentu hasil UN mereka tahun ini, menentukan keseluruhan masa depan mereka," kata Fathurin.

Seperti diberitakan sebelumnya, UN perbaikan diperuntukkan bagi peserta UN 2015 yang nilainya belum memenuhi standar minimal 5,5. Bagi mereka yang nilainya 5,5 pun bisa melakukan UN perbaikan. Namun, peserta yang nilainya di atas 5,5 tidak boleh mrngikuti UN perbaikan.

Meski begitu, UN perbaikan sifat ya tidak wajib. Peserta yang memiliki nilai di ambang batas minimal, bebas untuk memilih akan melakukan atau tidak melakukan UN perbaikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement