Selasa 21 Apr 2015 16:04 WIB

Lomba Busana Daerah dan Masak Meriahkan Hari Kartini di Unkris

 Rektor Universitas Krisnadwipayana Dr Abdul Rivai bersama finalis lomba busana daerah untuk memperingati Hari Kartini di Kampus Unkris, Selasa (21/4)
Foto: fakhruddin
Rektor Universitas Krisnadwipayana Dr Abdul Rivai bersama finalis lomba busana daerah untuk memperingati Hari Kartini di Kampus Unkris, Selasa (21/4)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Universitas Krisnadwipayana (Unkris) menggelar lomba busana daerah dan lomba memasak untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April.  Lomba busana daerah diikuti para mahasiswi,  sedangkan lomba memasak diikuti mahasiswa, staf, dosen, dan pejabat struktural universitas.

“Suatu penghormatan bagi kami kaum wanita diberi kesempatan memperingati Hari Kartini,” kata Ketua Panitia Peringatan Hari Kartini, Siswantari Pratiwi, Selasa (21/4).

Menurut Siswantari, memperingati Hari Kartini berarti memperingati kemenangan kaum perempuan. “Ini kali pertama Hari Kartini diperingati lagi di kampus ini setelah puluhan tahun,” kata Siswantari.

Rektor Universitas Krisnadwipayana Dr Abdul Rivai mengatakan peringatan Hari Kartini ini untuk memupuk karekter kebangsaan mahasiwa Unkris. Menurut Rivai, rasa kebangsaan terutama di kalangan muda sudah mulai luntur. “Kalau dunia kampus tidak menyadari hal ini, bagaimana kita bisa melahirkan mahasiswa yang memiliki wawasan kebangsaan,” kata Rivai.

Karena itu, selain meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidangnya, lanjut Rivai, pihaknya juga membina sikap dan prilaku mahasiswa dengan memperkenalkan nilai-nilai yang diperjuangkan Raden Ajeng Kartini. “Kalau cuma membuat orang pinter gampang, tapi kalau membina sikap dan prilaku itu jarang,” kata Rivai.

Menurut Rivai, salah satu cara untuk membina sikap dan mental para mahasiswa yang berwawasan kebangsaan yakni dengan melibatkan mahasiswa dalam peringatan hari besar nasional.  “Ini semua (peringatan Hari Kartini) yang bekerja banyak mahasiswanya,” kata Rivai.

Dia berharap, para mahasiswa ini nantinya dapat menyebarkan pola pembinaan Unkris ke masyarakat luas. “Intinya menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan menghormati jasa pahlawan,” kata Rivai.

Selain itu, lanjut Rivai, peringatan Hari Kartini ini menjadi momentum untuk menggalang kebersamaan antarcivitas akademika yang tersebar di 4 fakultas di Unkris. “Kebersamaan ini yang terlihat dari semangat para peserta lomba,” kata Rivai.

Panitia Peringatan Hari Kartini, Slamet Supriatna, menambahkan kegiatan kali ini bertajuk “Meningkatkan Peran Wanita dalam Mencerdaskan Bangsa Melalui Pendidikan”. “Kita ingin mengingatkan bagaimana perjuangan Kartini agar para mahasiswa dan civitas akademika Unkris kembali menggelorakan semangat perjuangan Kartini,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement