Ahad 19 Apr 2015 23:14 WIB

Bangka Tengah Siapkan Ujian Nasional Susulan

Para siswa sedang menghadapi Ujian Nasional
Foto: Musiron/republika
Para siswa sedang menghadapi Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID,KOBA--Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, menjadwalkan pelaksanaan ujian nasional (UN) susulan pada Senin (20/4).

"UN susulan dijadwalkan pada 20 April 2015 untuk siswa yang tidak bisa ikut UN serentak dengan alasan yang bisa diterima," kata Kabid Dikmen, Disdik Bangka Tengah, Paizal di Koba,Ahad (19/4).

Ia menjelaskan, UN susulan ini hanya bagi siswa yang berhalangan hadir karena sakit yang dibuktikan dengan surat keterangan sakit dari dokter yang menanganinya.

"Tidak dengan alasan lain, hanya berhalangan ikut UN karena mengalami sakit. Jika halangan lain, maka tidak diakomodir dalam UN susulan," ujarnya.

Terkait lima siswa Bangka Tengah yang tidak hadir UN hingga hari terakhir, kata Paizal, sampai sekarang belum mendapat informasi yang pasti apakah siswa tersebut sakit atau halangan lainnya.

"Hingga hari terakhir UN, kami belum mendapat kabar pasti dari lima siswa tersebut dan untuk sementara kami menyimpulkan yang bersangkutan gagal UN," ujarnya.

Bahkan, kata dia, lima siswa itu terancam tidak mengikuti UN susulan karena hingga sekarang tidak bisa menjelaskan alasan tidak ikut UN secara serentak.

"Pelaksanaan UN berjalan lancar dan sukses, semua berjalan sesuai dengan pos UN yang ditetapkan BSNP," ujarnya.

Ia mengatakan, nilai standar kelulusan UN tahun ini yaitu 5,5 dan mereka yang meraih nilai di bawah itu bisa mengikuti UN ulang pada 2016 untuk meraih nilai sesuai standar.

"Kelulusan siswa ditentukan pihak sekolah, hasil UN hanya sebagai pemetaan mutu pendidikan dan dasar untuk memberikan bantuan pendidikan," ujarnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement