Jumat 17 Apr 2015 15:10 WIB

Wilayah Banyumas Masuk Daftar Pelaksanaan UN Terjujur

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas mengelompokkan sampul dan naskah Ujian Nasional.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan
Petugas mengelompokkan sampul dan naskah Ujian Nasional. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Empat kabupaten di wilayah eks Karesidenan Banyumas, dinilai memiliki integritas tinggi dalam pelaksanaan ujian nasional (UN) selama lima tahun terakhir. Hal itu  sebelumnya diumumkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, yang menybutkan ada 52 daerah yang memiliki integritas UN diatas 90 selama  pelaksanaan tahun 2010-2014.

"Dari 52 kabupaten tersebut, Kabupaten Purbalingga masuk sebagai salah satu kabupaten dari 52 kabupaten se Indonesia yang dinilai jujur dalam melaksanakan UN. Selain Purbalingga, tiga kabupaten lain di wilayah eks Karesidenan Banyumas seperti Kabupaten Banyumas, Cilacap dan Banjarnegara, juga ikut termasuk di dalamnya," ujar  Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga, Jiah Palupi Twihantarti, Jumat (17/4).

Bagi Kabupaten Purbalingga, kata dia, predikat penyelenggara UN terjujur masih ditambah lagi dengan prosentase kelulusan yang tergolong tinggi, bahkan mencapai 100 persen. Jiah mengatakan, selama penyelenggaraan UN ini, Disdik belum menemui kendala atau kecurangan yang dilakukan baik oleh panitia maupun siswa.

"Kami tidak menerima laporan itu. Sejauh ini, pelaksanan UN SMA, SMK dan MA, telah berjalan lancar, tertib dan fair," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement