Rabu 01 Apr 2015 11:26 WIB

Disdikbud Sumbar Siap Distribusikan Naskah UN

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Hazliansyah
Ujian Nasional SMP
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Ujian Nasional SMP

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatra Barat (Disdikbud Sumbar) siap mendistribusikan naskah soal dan lembar jawaban ujian nasional (UN).

"Untuk SMA dan SMP siap untuk didistribusikan. Untuk Kepulauan Mentawai hari Ahad (5/4), sedangkan kabupaten/kota pada H-3 dan H-2," kata Kepala Bidang Pelaksana Ujian Nasional, Bustavidia di Padang, Sumbar, Rabu (1/4).

Ia memastikan tak akan ada kekurangan naskah soal maupun lembar jawab. Bahkan, jumlah naskah yang dicetak sudah termasuk cadangan untuk yang rusak.

Sampai saat ini, ujar dia, naskah soal dan lembar jawab masih berada di PT Grafika Jaya Sumbar. Pengawalan dari pihak kepolisian masih terus dilakukan. Serta pengawasan dari Kementerian Pendidikan pusat melalui cctv.

Sementara untuk pendistribusian, Bustavidia menuturkan, akan ada pengawalan dari Polda Sumbar dan Didiksbud Sumbar, serta Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP).

"Insya Allah jangan sampai ada kebocoran," lanjut dia.

Sementara itu, dikatakannya, Disdikbud Sumbar belum memiliki kejelasan apakah enam SMK dan satu SMP yang diusulkan mengikuti UN Online lolos atau tidak.

"Verifikasi dari pusat, jadi sampai saat ini belum ada kejelasan apakah masih boleh diikutan atau belum. Sampai sekarang (masih) menunggu hasil (verifikasi)," tutur Bustavidia. 

Dirinya mengaku belum tahu pasti kapan hasil verifikasi tersebut keluar. Namun, Disdikbud Sumbar telah mempersiapkan naskah soal dan lembar jawab untuk sekolah tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement