Selasa 31 Mar 2015 23:41 WIB

Kualitas Pendidikan di Daerah Masih Rendah

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agung Sasongko
  Wakil Presiden Jusuf Kalla.
Foto: Antara
Wakil Presiden Jusuf Kalla.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pendidikan membutuhkan tiga komponen utama, yakni sarana pendidikan, tenaga pengajar, serta sistem pendidikan. Untuk memajukan bangsa diperlukan pendidikan dan pengajaran yang bermutu.

Menurut Kalla, selama ini mutu pendidikan di berbagai daerah dianggap lebih rendah daripada di daerah-daerah Jawa. Padahal, anggaran pendidikan di seluruh Indonesia pun nilainya sama.

"Kalau satu sekolah katakanlah Rp 2 milyar, itu sama di Bandung, Makasar, perpustakaannya sama, laboratoriumnya sama, gurunya semuanya Spd, tapi sekarang kenapa berbeda?," kata JK.

Perbedaan mutu pendidikan antar daerah itupun, lanjutnya, disebabkan oleh perbedaan semangat belajar serta perkembangan ilmu. Oleh karena itu, JK pun meminta agar sekolah bersama dengan para guru memperbaiki semangat belajar para anak didiknya.

Selain itu, pendidikan pun tak lepas dari peran orang tua. Sehingga, orang tua seharusnya turut membantu meningkatkan semangat belajar anaknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement