Senin 30 Mar 2015 06:17 WIB

Jelang UN, Maksimalkan Peran Orang Tua

Peserta Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (ilustrasi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Peserta Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKARAYA -- Jajaran anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, meminta setiap orang tua siswa untuk lebih maksimal dan serius memperhatikan jam belajar anaknya, terutama menjelang ujian nasional (UN) 13-15 April mendatang.

"Kita ketahui pelaksanaan UN sudah semakin dekat. Oleh sebab itu peran orang tua diminta lebih mengawasi dan mengontrol waktu jam belajar anaknya secara maksimal," kata anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Budi Susilo, Senin.

Dia mengatakan, pengawasan orang tua kepada anaknya sangat diharapkan ketika anak sedang berada di rumah. Misalnya, orang tua bisa menanyakan apakah ada kesulitan dalam mata pelajaran yang diberikan guru disekolah menjelang UN.

Sehingga dengan adanya perhatian secara khusus dari orang tua kepada anaknya, bisa memberikan arahan bijak kepada anaknya terkait kisi-kisi persiapan pembelajaran menjelang UN. Terutama kelas XII.

''Saya minta orang tua lebih mengawasi anaknya dan membatasi waktu mereka berada di luar rumah, terutama pada malam hari,'' kata Politikus PDIP itu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palangka Raya, Norma Hikmah sebelumnya meminta siswa lebih fokus pada persiapan menghadapi ujian akhir yang sebentar lagi dilaksanakan.

"Saya minta siwa-siswi khususnya kelas XII lebih fokus mempersiapkan diri. Jika perlu lepaskan dulu hobi dan hal lain untuk sementara supaya fokus menghadapi ujian," katanya.

Ia meminta siswa mempersiapkan diri dengan mempelajari kisi-kisi yang telah diberikan sebelumnya melalui "try out" dan peserta didik juga mampu mengurangi kegiatan lain di luar keperluan sekolah.

"Untuk sementara kurangi dulu waktu kumpul-kumpul dengan teman. Lebih baik fokus pada pelajaran yang akan diuji dalam ujian nanti," ucapnya.

Pelaksanaan UN jenjang SMA akan digelar pada 13-15 April 2015, sementara UN jenjang SMP dilaksanakan pada 4-6 Mei 2015, sedangkan Ujian Sekolah (US) jenjang SD digelar pada 18-20 Mei 2015.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement