Ahad 29 Mar 2015 14:00 WIB

SMKN 2 Kota Bandung Jadi Mitra Usaha Perusahaan Laptop dan Tablet

Rep: Djoko Suceno/ Red: Dwi Murdaningsih
Menggunakan Laptop (ilustrasi).
Foto: Republika/ Wihdan
Menggunakan Laptop (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kemampuan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kota Bandung dilirik produsen laptop dan tablet dalam negeri. PT Berca Cakra Teknologi, menggandeng para siswa di sekolah tersebut untuk bekerjasama dalam merakit perangkat teknologi informasi tersebut. Penandatangan kerjasama kedua belah pihak ini dilakukan Kamis (26/3) di SMKN 2 Kota Bandung Jl Ciliwung No 4.

"Sebagai produsen laptop dan tablet kami yakin siswa di sekolah ini mampu melakukan perakitan perangkat tersebut," kata Mustikan Adam, perwakilan PT Berca sekaligus instruktur saat acara penandatangan tersebut.

Kepercayaan yang diberikan produsen laptop dan tablet dengan merek Relion tersebut, disambut antusias baik oleh kepala sekolah, guru, maupun siswa sekolah tersebut. Menurut Kepala Sekolah SMKN 2 Kota Bandung, Asep Tapip Yani, kepercayaan tersebut merupakan tantangan baik bagi siswa maupun para guru. 

Dipilihnya SKMN 2 Kota Bandung sebagai mitra ‘usaha’ PT Berca berawal dari program bantuan  31 unit tablet dari Kementrian Pendidikan Nasional pada tahun 2014. Tablet yang disumbangkan Kementrian Pendidikan nasional tersebut, imbuh dia, merupakan produk dalam negeri. Setelah mendapat bantuan, kata dia, kementrian merekomendasikan sekolah ini kepada PT Berca sebagai rekanan dalam merakit laptop dan tablet. 

Dede Indra Cahyadi, Kepala Prodi Teknologi Komputer dan Informatika SMKN 2 Kota Bandung mengatakan sebelum dilakukan penandatanganan, lanjut Dede, sekolah melakukan seleksi terhadap puluhan siswa di sekolah tersebut. Seleksi yang diikuti sebanyak 30 siswa ini akhirnya mengerucut menjadi 10 siswa terbaik. Mereka inilah yang kemudian dijadikan tim perakit laptop dan tablet produk PT Berca. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement