Selasa 24 Mar 2015 13:42 WIB

2020, SMA Finlandia tak Ajarkan Matematika dan Fisika?

Anak jago matematika/ilustrasi
Foto: educationnews.org
Anak jago matematika/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, HELSINSKI -- Finlandia, salah satu negara yang rujukan pendidikan terbaik di dunia akan mencoba satu hal yang fenomenal dalam pendidikan modern mereka. Pada tahun 2020, negara ini berencana untuk tidak mengajarkan Matematika, Fisika dan Kimia sebagai mata pelajaran individu. Sebagai gantinya, sekolah di Finlandia akan mengganti mengajarkan ketiga pelajaran tersebut dalam tema yang lebih luas.

Perubahan ini diusulkan agar para siswa tidak lagi bertanya 'untuk apa gunanya semua ini?

Guru di Finlandia nantinya akan mengajarkan Matematika dan Fisika serta Kimia dengan memasukkan tema-tema tertentu. Sebagai contoh, nantinya para siswa akan menghabiskan waktu dua jam pelajaran untuk mempelajari tema Uni Eropa. Nantinya, dalam tema tersebut, para siswa juga akan sekaligus belajar bahasa, Ekonomi, Sejarah dan Geografi. Atau, nanti para siswa akan belajar praktik di kantin yang membuat para siswa bisa mempelajari Matematika, Bahasa serta ketrampilan komunikasi. 

Jadi, meskipun siswa masih akan mempelajari teori-teori ilmiah yang wajib, siswa bisa akan lebih tertarik untuk mencari tahu dengan metode yang diterapkan ini."Yang kami butuhkan adalah jenis pendidikan yang berbeda untuk mempersiapkan anak didik lebih siap bekerja," ujar Manajer Pengembangan Pendidikan Helsisnsi, Pasi Silander seperti dikutip Sciencealert.

Menurut dia, dunia pendidikan kini semakin maju. Jika dulu pegawai bank dituntut harus pandai berhitung, namun sekarang tidak lagi demikian. Marjo Kyllonen, Manajer Pendidikan Helsisnsi, mengatakan Finlandia perlu mereksontruksi pendidikan dan membuat rencana ulang ulang sistem pendidikan yang sudah ada sehingga anak-anak lebih siap untuk menghadapi masa depan.

"Ada sekolah yang mengajar dengan cara kuno yang bergna di tahun 1990an tapi kebutuhan ini tidak sama dengan kebutuhan abad 21," kata dia.

Rencananya, pelajaran individu ini mulai akan dihapus untuk pelajar usia 16 tahun. Sebanyak 70 persen guru SMA kini sudah dilatih mengajar dengan pendektan baru ini. Sistem baru ini diharapkan bisa berlaku di Finlandia pada 2020 mendatang. Filandia dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan yang terbaik. Secara konsisten, Finlandia menduduki peringkat bergengsi PISA dalam bidang Matematika, sains serta membaca.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement