Kamis , 19 March 2015, 19:23 WIB

Siswa SD Aksi Teatrikal Penghematan Air

Red: Dwi Murdaningsih
Pengunjuk rasa dari Koalisi Rakyat Untuk Hak Atas Air (Kruha) beraksi teatrikal dalam rangka Hari Air Sedunia di Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (22/3). ( Republika/Aditya Pradana Putra)
Pengunjuk rasa dari Koalisi Rakyat Untuk Hak Atas Air (Kruha) beraksi teatrikal dalam rangka Hari Air Sedunia di Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (22/3). ( Republika/Aditya Pradana Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Al Muslim Sidoarjo mengajak warga masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan, khususnya air, dalam rangka memperingati hari air sedunia pada 22 Maret. Humas Sekolah Al Muslim Sidoarjo, Siti Aminah mengatakan siswa SD ini menggelar kampanye dan teatrikal dengan mengusung tema besar "Kembalikan Siklus Air".

"Hal ini dilakukan sebagai upaya mengajak masyarakat, pemerintah dan setiap pemangku kepentingan untuk peduli pada air," katanya, Kamis (19/3).

Ia mengatakan, dalam kampanye oleh siswa yang terlibat, tampak mengenakan kostum yang mewakili setiap pemangku kepentingan terhadap air. Anak-anak ini juga membawa beragam poster berukuran besar berisi ajakan peduli air. Dalam aksi ini beberapa siswa memperagakan aktivitas masyarakat yang berkaitan dengan air.

"Ada yang mengenakan kemben untuk mandi dengan perilaku yang boros air atau menghambur-hamburkan air. Ada juga yang bingung mandi karena terbatasnya air bersih yang bisa digunakan," katanya.

Selain itu, ada pula ajakan untuk menabung. Yang dimaksud adalah menabung air hujan pada saat musim hujan. Menabung air hujannya di dalam tanah, kata dia merupakan gerakan menangkap air hujan dan meresapkannya ke dalam tanah melalui akar-akar pepohonan, lubang resapan biopori dan sumur resapan biopori.

"Dengan demikian diharapkan kebutuhan dan siklus air yang ada di lingkungan masing-masing bisa terjaga dengan baik sampai dengan anak cucu mereka," katanya. 

 

Sumber : antara