Senin 16 Mar 2015 22:48 WIB

Pemerintah akan Beri Dukungan Lebih Sekolah Swasta

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Djibril Muhammad
 Mendikbud Anies Baswedan
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Mendikbud Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan menyebut pemerintah akan memberi dukungan lebih pada sekolah-sekolah swasta.

Sebab, kata Anies, baik sekolah negeri maupun swasta sama-sama bertujuan meningkatkan kualitas manusia lewat jalur pendidikan.

"Kita diskusikan apa saja yang bisa dikerjakan agar swasta maju dan milik negara juga berjalan dengan baik," kata dia di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (16/3).

Anies menjelaskan, ada semacam lingkaran setan yang dialami banyak sekolah swasta. Seperti diketahui, setiap sekolah secara berkala akan dinilai oleh lembaga resmi untuk mendapatkan akreditasi. Fasilitas yang dimiliki sekolah menjadi salah satu hal yang menjadi poin penilaian.

Namun, lanjut Anies, malang bagi sekolah swasta yang tak punya dana besar. Mereka akan terus-menerus mendapat akreditasi yang kurang baik.

"Ini seperti lingkaran setan. Kalau fasilitasnya jelek, maka akreditasnya jadi jelek. Untuk meningkatkan akreditasi perlu biaya, akhirnya pergi ke pak presiden," kata penggagas program Indonesia Mengajar tersebut.

Karenanya, menurut Anies, saat ini pemerintah tengah merumuskan kebijakan untuk membantu sekolah swasta. Misalnya dengan memberi bantuan untuk pembangunan gedung. Meski demikian, Anies mengatakan bahwa rencana tersebut masih harus dimatangkan dengan berkoordinasi dengan kementerian terkait.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement