Selasa 10 Mar 2015 15:49 WIB

Bali Absen Dari UN Online

Rep: ahmad baraas/ Red: Taufik Rachman
Simulasi ujian online
Simulasi ujian online

REPUBLIKA.CO.ID,DENPASAR - Sekolah-sekolah di Bali, dipastikan absen dala pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer tes (UNBKT). Hal itu kata Humas Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bali, Nyoman Pugra, karena sekolah merasa belum siap.

"Tadinya ada satu sekolah yang siap, yakni SMA IT Singaraja di Kabpaten Buleleng, tapi sepertinya mereka mundur," kata Pugra di Denpasar, Selasa (10/3).

Hal itu dikatakan Pugra terkait persiapan UN di Bali, khususnya mengenai kesiapan Bali untuk ikut serta dalam pelaksanaan UNBKT. Dikatakan Pugra, selain SMA IT Singaraja, SMPN 5 Denpasar, juga siap dengan sarana komputer untuk ikut UNBKT, tetapi mereka menyatakan tidak ikut serta.

Menurut Pugra, UNBKT hingga saat ini masih menjadi alteratif atau pilihan, sehingga sekolah memilih model ujian konvensional. Dalam hal ini sebutnya, sekolah menganggap para siswa sudah akrab dengan model UN tertulis, sehingga tidak perlu melakukan penyesuaian-penyesuaian, latihan atau persiapan lagi.

"Mereka kan memilih model ujian yang paling aman, untuk menjaga prosentase kelulusan dan hasilnya," kata Pugra.

Secara terpisah Sekjen Kemendikbud, Prof Ainun Naim PhD, mengatakan ada sejumlah sekolah yang sudah siap untuk melaksanakan UNBKT, diantaranya di Yogyakarta. Dalam hal ini sebutnya, Kemendikbud tidak memaksakan, karena tergantung kesiapan sekolah bersangkutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement