Selasa 03 Mar 2015 13:42 WIB

Warga Desa di Sukabumi Buka Perpustakaan Swadaya

Rep: Riga Iman/ Red: Indah Wulandari
Perpustakaan yang kerapkali sepi, pengunjung hanya beristirahat di luar dibanding masuk ke dalamnya
Foto: ROL/Winda Destiana
Perpustakaan yang kerapkali sepi, pengunjung hanya beristirahat di luar dibanding masuk ke dalamnya

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI--Sejumlah warga di Kampung Pamoyanan, Desa Selawangi, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi antusias membangun perpustakaan. Sarana tersebut dibangun oleh para pemuda untuk menumbuhkan minat baca sejak dini kepada anak-anak.

Warga membangun sarana perpustakaan secara swadaya sejak Januari 2015 lalu. Mereka mendapatkan bantuan buku dan cerita dongeng dari sebuah komunitas sepeda motor gabungan motor biker.

''Warga ingin melakukan kegiatan positif dengan membangun perpustakaan,'' ujar Ketua Sanggar Rumah Baca Cemara Sukabumi Sandi Supriadi, Selasa (3/3). Terlebih, selama ini warga khususnya anak-anak sulit menjangkau sarana perpustakaan yang ada di kota.

Sandi mengatakan, kehadiran perpustakaan ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca anak-anak di kampung. Sehingga nantinya mempunyai wawasan dan pengetahuan untuk bekal menjalani kehidupan di masa depan.

 

Menurut Sandi, animo anak-anak untuk datang ke perpustakaan cukup besar khususnya pada hari libur. Selain tersedia buku, di perpustakaan juga terdapat sarana permainan dan kegiatan cerita dongeng.

Salah seorang anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar, Namira Zahra mengatakan, kehadiran perpustakaan ini memberikan manfaat yang besar bagi anak-anak. '' Di sini juga bisa bermain sambil membaca buku,'' ujar dia.

Donatur buku sanggar rumah baca Taufik Hidayat mengatakan, komunitas motornya berupaya membantu warga di perdesaan dengan memberikan buku-buku. Harapanya, tingkat minat baca anak-anak di perdesaan dapat meningkat dibandingkan sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement